Heboh Tanaman Herbal yang Disebut Bisa Sembuhkan Covid-19, Keluarga Ini Sampai Rela Berburu Daun Sungkai ke Hutan, Begini Kata Ahli

Minggu, 01 Agustus 2021 | 10:15
Facebook

Daun Sungkai untuk Obati Covid-19

GridHype.ID - Virus corona yang semakin mengganas belakangan ini membuat banyak orang mencari alternatif untuk obat covid-19.

Bahkan, mulai beredar obat covid-19 dari bahan-bahan alami, seperti tanaman herbal.

Melansir SajianSedap.com, baru-baru ini netizen dihebohkan dengan rebusan daun sungkai yang disebut bisa menjadi obat covid-19.

Caranya cuma direbus dengan jahe merah dan serai.

Namun, apakah hal ini manjur dan terbukti?

Awalnya sejumlah warga Palembang sedang mengalami demam hingga tak bisa rasakan penciuman dan rasa.

Mereka pun memutuskan untuk mencari daun sungkai hingga ke hutan.

Ya, daun sungkai disebut sebagai tanaman yang dipercaya mampu menyembuhkan pasien covid-19.

Baca Juga: Lambda Disebut Jadi Varian Covid-19 Paling Berbahaya, Tingkatkan Imun Tubuh dengan 5 Makanan Murah yang Banyak Ditemukan di Dapur Berikut ini

Salah seorang warga, Holidi mengungkapkan baru saja sembuh dari demam dengan gejala Covid-19.

Dia mengaku berobat sendiri di rumah dengan meminum rebusan daun sungkai, dicampur serai dan jahe merah.

"Rebus daun sungkai sekitar 10 lembar, campur serai sebatang, jahe merah sebesar jempol.

Rebus pakai air tiga gelas jadikan segelas, minum tiga kali sehari, alhamdulillah sembuh saya," kata Holidi, Rabu (28/7/2021).

Warga di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) juga melakukan hal yang sama.

"Meski kami tidak terpapar Virus Corona, namun sebagai antisipasi kami cari daun sungkai sampai ke hutan untuk direbus dan airnya kami minum untuk sekeluarga." ungkap Sudirman warga Talang Ubi, Senin (26/7/2021).

Menurut Dirman, hebohnya pencarian daun sungkai akibat banyaknya pesan berantai di media sosial yang menyebutkan daun sungkai dapat merontokkan virus yang saat ini menjadi wabah global itu.

Baca Juga: Mengenal Covid-19 Varian Delta Plus, Mutasi dari Varian Delta yang Menjadi Ancaman Baru karena Disebut Kebal Terhadap Vaksin dan Obat, Ini Gejalanya

"Katanya manfaat daun sungkai dapat mengobati Covid-19. Jadi, kami rela mencari agar keluarga kami terhindar dari penyebaran virus yang saat ini kian marak," katanya.

Bukan baru kali ini terjadi, rupanya kejadian ini pernah menghebohkan netizen di 2020 lalu.

Mengutip Kompas.com, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Jambi Dr Deri Mulyadi, mengaku belum menerima informasi kajian yang menyebutkan daun sungkai bisa dijadikan sebagai obat covid-19.

Menurut Deri, hingga kini, belum ada penelitian secara medis yang dapat memastikan bahwa daun sungkai dapat dijadikan sebagai obat alternatif bagi para pasien Covid-19.

"Sebelumnya, saya sudah dapat informasinya. Akan tetapi, secara medis, belum ada penelitiannya. Mungkin informasi awal bagi medis dan perlu penelitian lebih lanjut," ujar dia.

Baca Juga: Heboh Soal Efikasi Vaksin Covid-19 Sinovac yang Disebut Menurun Setelah 6 Bulan Penyuntikan, Ini Fakta yang Perlu Kamu tahu

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, sajiansedap.com

Baca Lainnya