Ada Bansos Tunai Rp 300 Ribu, PKH, dan Bantuan Pangan Non Tunai di Bulan Juni 2021 ini, Segera Akses Alamat Cekbansos.kemensos.go.id

Kamis, 17 Juni 2021 | 14:30
Tribunnews.com

Foto ilustrasi uang tunai. Bawa KTP dan dokumen ini, bantuan pemerintah Rp 1,2 juta cair bulan ini.

GridHype.ID - Pemerintah melalui Kementerian Sosial menyiapkan berbagai bantuan untuk masyarakat.

Ada sejumlah bantuan dari Kemensos untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pandemi.

Bantuan tersebut disalurkan di bulan Juni 2021 ini antara lain Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), dan BLT Dana Desa.

Baca Juga: Padahal NIK KTP Sudah Terdaftar Sebagai Penerima BLT UMKM, Namun Bantuan Rp 1,2 Juta Belum Kunjung Cair, Simak Penjelasannya

Dilansir dari Kompas.com, pemerintah juga menggelontorkan bantuan dalam bentuk non -tunai.

Bantuan tersebut adalah BPNT (Bantuan Pangan Non-Tunai).

Bantuan ini diberikan kepada KPM yang rentan secara perekonomian agar kebutuhan pangan sehari-hari dapat tetap terpenuhi.

Baca Juga: Tidak Semua Pelaku Usaha Mikro Masuk Kriteria BLT UMKM Rp 1,2 Juta, Simak Golongan yang Dapat Bantuan dari Pemerintah ini

BPTN di 2021 menyasar 18,8 juta KPM. Masing-masing KPM akan menerima bantuan sebesar Rp2,4 juta yang akan dikirimkan 12 kali, setiap bulan sejak Januari-Desember sebesar Rp200.000.

Skema penyalurannya adalah dikirimkan langsung ke rekening penerima, bukan dalam bentuk tunai maupun sembako/bahan pangan.

Cara ini dinilai lebih ampuh untuk meminimalisasi kemungkinan adanya penyunatan dana bantuan juga untuk menghindari kerumunan masyarakat di bank yang mengantre mengambil dana bantuan.

Baca Juga: Segera Daftarkan Dirimu Menjadi Penerima BLT UMKM Tahap 2 Rp 1,2 Juta Sebelum Ditutup, Simak Syaratnya

Tiga bantuan tersebut meliputi Program Keluarga Harapan (PKH), program sembako atau Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), dan bantuan sosial tunai (BST).

Sementara itu, dilansir dari Kontan.co.id, peneruma bantuan sosial dari Kementerian Sosial ini dapat dilihat melalui laman website.

Dengan login di cekbansos.kemensos.go.id.

Baca Juga: Untuk Tambah Modal Usaha, Segera Daftar BLT UMKM Rp 1,2 Juta, Siapkan KTP dan Login untuk Cek Penerima Bantuannya

Melalui laman tersebut, penerima bansos dapat dilihat data terbaru dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang sudah dipadankan dengan NIK yang dikelola Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

Dilansir dari Tribunnews.com, Berikut cara cek penerima bantuan PKH dan BPNT dari Kemensos pada Mei 2021:

- Buka laman cekbansos.kemensos.go.id

Baca Juga: Asalkan Bukan Penerima Bantuan PKH, BPNT, Kartu Prakerja Termasuk Syarat Penerima BLT Dana Desa, Simak Cara Cek Bansos ini Secara Online Lewat Cara ini

- Kemudian, masukkan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan.

- Lalu, masukkan nama lengkap sesuai KTP.

- Setelah, itu masukkan kode pada kolom.

- Terakhir, klik tombol "cari".

Baca Juga: Keluhan Pengusaha Lokal Lantaran Namanya Terdaftar Sebagai Penerima Bantuan di eform.bri.co.id tapi BLT UMKM Rp 1,2 Juta Tak Kunjung Masuk, Berikut Penjelasannya

Untuk mengakses laman ini, tidak harus Kepala Keluarga (KK) yang bersangkutan.

Bisa dilakukan istri/suami, anak, hingga tetangga sepanjang tahu nama lengkap orang yang terdaftar sebagai penerima PKH dan BPNT.

(*)

Editor : Nabila Nurul Chasanati

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com, Kontan.co.id

Baca Lainnya