Sembako Juni 2021 Cair, Kamu Bisa Tukarkan Bantuan Sebesar Rp 200 Ribu dengan Bahan Pangan Ini di e-Warong Program BPNT

Jumat, 11 Juni 2021 | 15:30
kompas.com

BPNT

GridHype.ID- Tak hanya dalam bentuk uang tunai, pemerintah juga membagikan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Bantuan Sembako pada masyarakat terdampak covid-19.

Bantuan Sembako ini merupakan salah satu bantuan pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) yang menunjang kehidupan warga miskin di tengah pandemi.

Melansir Kompas.com, Bantuan Sembako ini menyasar pada 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia dengan total anggaran sebanyak Rp 42,5 triliun.

Baca Juga:Sebelum Cairkan Bantuan di Kantor Pos, Coba Cek Data Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu Bulan Juni 2021

Lantas, siapa saja yang menjadi penerima bansos ini?

Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos Asep Sasa Purnama mengatakan, bansos sembako diberikan untuk keluarga miskin dan rentan, yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Ini harus terdaftar di DTKS, karena mekanismenya berbeda dengan yang kemarin. Ini penyalurannya melalui Himbara ke rekening masing-masing, tidak berupa barang," kata Asep saat dihubungi Kompas.com, Senin (4/1/2021).

Baca Juga:Terdaftar Sebagai Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu Pada Juni 2021? Berikut Panduan Mencairkan Bantuannya di Kantor Pos

Asep juga mengatakan, bansos sembako diberikan setiap bulan selama setahun, mulai Januari hingga Desember 2021.

Penerima bansos sembako akan mendapatkan uang sebesar Rp 200.000 tiap bulan.

Sementara untuk mengetahui data para penerima bansos ini bisa dicek melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

Laman tersebut memuat data para penerima bansos, sehingga masyarakat bisa mengecek apakah keluarganya terdaftar sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) terbaru.

Baca Juga:Paling Dinanti-nanti, Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu Bakal Dapat Dana Bantuan Lebih Besar dari Biasanya, Buruan Cek Daftar Penerimanya di Laman Resmi Berikut

Menguti Tribunnews.com, berikut langkah mengecek bansos dari Kemensos:

1. Buka laman http://cekbansos.kemensos.go.id

2. Pilih provinsi, kabupaten/kota, kecataman, dan desa tempat tinggal

3. Ketikkan nama sesuai yang tertera di KTP

4. Masukkan 4 huruf kode yang ada dalam kotak kode

5. Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru

6. Kemudian, klik tombol cari.

Baca Juga:Akses Laman Resmi Kemensos Berikut, Cara Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu, PKH, dan BPNT yang Cair Juni 2021 Cukup Siapkan KTP dan NIK

Setelahnya, sistem akan mencocokan Nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan wilayah yang diinput serta membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos.

Jika terdaftar sebagai penerima bansos, maka akan muncul nama penerima, umur status BST, keterangan, dan periode penyaluran.

Namun apabila bukan penerima bansos, maka akan ada keterangan yang berbunyi "Tidak Terdapat Peserta / PM".

Baca Juga:Sudah Bulan Juni, Bansos Tunai Rp 300 Ribu Bulan Mei Belum Juga Cair, Simak Hal-hal yang Jadi Penilaian KPM untuk BST Covid-19 2021

Adapun penyaluran BPNT melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warong yang bekerja sama dengan bank.

Bantuan ini diwujudkan dalam bentuk kebutuhan pangan, misalnya beras 15 kg, telur 1 kg, kacang hijau 1/2 kg, atau buah jeruk.

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com

Baca Lainnya