Langit Indramayu Menyala Terang Akibat Api Kebakaran, Benarkan Kilang Minyak Pertamina di Balongan Meledak karena Petir?

Rabu, 31 Maret 2021 | 06:15
Kompas.com / ALWI

Kilang Minyak Balongan Indramayu Terbakar.

GridHype.ID -Kilang minyak milik PT Pertamina RU VI di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin (29/3/2021) dini hari.

Melansir dari tribunnews.com, api membumbung tinggi dan menimbulkan kepulan asap tebal.

Langit di Kabupaten Indramayu bahkan menyala terang walau malam hari akibat besarnya api.

Baca Juga: ASN Was-Was, Belum Ada Kepastian Kapan Cair, Segini Besaran THR dan Gaji 13 PNS yang Akan Diterima

Salah seorang warga Desa Balongan, Darmanto (42) mengatakan, sebelum muncul api, dirinya mengaku mendengar bunyi ledakan yang nyaring.

"Ada ledakan, bareng sama petir, terus gak lama muncul api besar," ujar dia.

Seolah membenarkan kesaksian warga,Corporate Secretary Subholding Refining and Petrochemical Pertamina Ifky Sukarya juga menyatakan kebakaran diduga akibat petir yang terjadi Senin dini hari.

Baca Juga: Sebentar Lagi Bulan Ramadan Tiba, Apakah Program Vaksinasi Covid-19 Masih Bisa Dilakukan? Berikut Penjelasannya

"Jadi tangki di kilang RU VI Balongan terbakar pada pukul 00.45 WIB dan kebetulan saat itu sedang terjadi hujan besar dan diduga ada petir," ujar Ifky seperti yang dikutip dari kompas.com.

Jika dugaan ini benar, bisakah petir mengakibatkan ledakan yang begitu dahsyat seperti di Balongan, Indramayu?

Peneliti petir sekaligus Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof Dr Dipl Ing Ir Reynaldo Zoro mengatakan, bukan tidak mungkin petir menyebabkan ledakan pada kilang minyak.

"Kejadian (kebakaran) karena petir sebenarnya sudah berulang kali terjadi di kilang-kilang minyak instalasi Pertamina," kata Zoro dihubungi Kompas.com, Senin (29/3/2021).

Zoro menjelaskan, ini karena jenis petir yang ada di Indonesia berbeda dengan standar keamanan yang dipakai Internasional, di mana standar ini pula yang diterapkan oleh Pertamina.

Baca Juga: Lampaui Jokowi, Hasil Survei Ungkap 73 Persen Responden Mau Divaksinasi Apabila Prabowo Sudah Menerima Vaksin Covid-19

"Jadi artinya kurang cukup, perlu proteksi yang lebih (untuk kilang minyak terhadap petir)," ujar Zoro.

Sedangkan dalam standar kilang minyak Internasional, disebutkan bahwa tangki minyak tidak perlu diberi proteksi tambahan karena tangki terbuat dari metal.

"Tangki itu kan arus listrik, jadi kalau kena metal (arus listrik) akan hilang," ujar Zoro yang juga menjadi anggota Badan Standardisasi Petir Dunia-International Electrotechnical Commission (IEC)TC 81: Lightning sejak 1995.

Baca Juga: Cukup Pakai KTP untuk Mendaftar, Ini Dia Link Bantuan PKH 2021 yang Cair Setiap 3 Bulan Sekali, Yuk Dicatat

"Ternyata kalau di Indonesia enggak. Karena petir kita ternyata memiliki karakteristik berbeda," imbuh dia.

Dikatakan Zoro, karakteristik petir di Indonesia memiliki ekor yang lebih panjang dan amplitudonya lebih tinggi.

"Sehingga bagian tangki yang di atas, kalau kena petir bisa bolong. Kalau sudah bolong, ada (tercipta) segitiga api berupa oksigen, api, dan ada bahan bakar (yang bisa menyebabkan ledakan," jelas Zoro.

"Kalau saya lihat dari video, di Balongan ini empat tangki besar yang terbakar. Kalau ada alasan, minyak rembes masuk tangki, itu enggak masuk akal di perminyakan. Namanya kelalaian luar biasa."

Dikatakan Zoro, pihaknya juga sudah pernah melakukan survei dan evaluasi untuk sistem proteksi pertamina Balongan sejak lama.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Jangan Lengah Orang yang Sembuh dari Covid-19 Bisa Terinfeksi sampai Borok Masa Lalu yang Begitu Kelam Terbongkar

Namun, evaluasi itu tidak diindahkan karena dianggap tidak perlu ada penambahan proteksi.

Hal ini didasari juga oleh belum adanya kejadian ledakan kilang minyak karena petir.

Zoro mengaku, beberapa kilang minyak milik Pertamina di Indonesia memang sudah ada yang diproteksi dari petir.

Baca Juga: Kapal Ever Given Terjebak Hampir 6 Hari di Terusan Suez, Siapa Sangka Pembangunan Kanal Ini 'Tumbalkan' Ribuan Nyawa dari 1,5 Juta Pekerja

"Beberapa yang sudah diproteksi adalah beberapa (Pertamina) yang sudah kebakaran," katanya.

Dia menuturkan, hal ini berbeda dengan kilang minyak yang dimiliki oleh perusahaan asing yang ada di Indonesia.

Mereka sejak awal bahkan sudah sadar dengan karakteristik di Indonesia yang berbeda, dan sudah memberi proteksi tambahan.

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com

Baca Lainnya