Waspada Hujan Lebat Hingga Puting Beliung Hari ini Kamis 26 November 2020, Berikut Wilayah yang Alami Cuaca Ekstreem

Kamis, 26 November 2020 | 08:15
Istimewa

Ilustrasi cuaca ekstrem

Gridhype.id-Badan Meteorologi, Klimatologi dn Geofiika (BMKG) kembali mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hari ini, Kamis (26/11/2020).

Menurut data dari BMKG, hari ini diperkirakan sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami potensi hujan lebat hingga disertai petir dan angin kencang.

Diperkirakan wilayah Jawa Barat berpotensi terjadi hujan lebat yang disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir.

Baca Juga: Waspada, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstreem Hujan Lebat Disertai Petir Hari ini, Jumat 20 November

Sementara, Bali diperkirakan terjadi hujan hingga disertai angin kencang, kilat/petir.

Sesuai informasi pada laman web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi, Rabu (25/11/2020), disampaikan adanya Sirkulasi Siklonik terpantau di perairan Barat Aceh (925-850mb), di Kep.Riau (925-900mb).

Adanya Sirkulasi Sikloik tersebut membentuk konvergensi memanjang di perairan Utara Aceh, di Laut Natuna dan perairan Barat Sumatera Barat.

Sirkulasi siklonik lainnya juga terpantau di perairan Utara P.Kalimantan (925-850mb) dan di perairan Utara Maluku Utara (925-800mb) yang membentuk konvergensi memanjang di perairan Utara P.Kalimantan, di kalimantan Barat bag Utara, dari Kalimantan Timur hingga Sulawesi Tengah dan di Laut Sulawesi.

Baca Juga: Saat Musim Hujan, Coba Taruh Irisan Bawang Merah di Sudut Ruangan dan Rasakan Hal Ajaib ini Akan Terjadi

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Daerah perlambatan kecepatan angin/konvergensi terpantau memanjang di perairan Barat Lampung, Jawa Barat bag Selatan, dari Jawa Timur hingga Laut Jawa, di perairan Selatan Jawa Timur, di NTT, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah, dari Selat Makasar hingga Sulawesi Tenggara, dan di Papua Barat.

Berikut wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem Kamis, (26/11/2020):

Baca Juga: Bisa Jadi Racun, Jangan Lagi Merebus Air yang Sudah Matang, Berikut Penjelasannya

Daftar wilayah yang berpotensi hujan berintensitas lebat yang dapat disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

- Kep. Riau

- Jambi

Baca Juga: Ikut Ditangkap KPK Bersama Sang Suami Edhy Prabowo Usai Pulang Dari Hawaii, Berikut Profil Lengkap Iis Rosita Dewi Istri Menteri KKP

Dok MOTOR Plus

Ilustrasi pemotor kehujanan. prakiraan cuaca BMKG hari ini Jakarta hujan lebat

- Sumatera Selatan

- Lampung

- Jawa Barat

- Jawa Tengah

- Yogyakarta

- Jawa Timur

- Nusa Tenggara Barat

- Nusa Tenggara Timur

- Kalimantan Barat

- Kalimantan Tengah

- Kalimantan Utara

- Kalimantan Timur

- Kalimantan Selatan

- Gorontalo

- Sulawesi Tengah

- Sulawesi Tenggara

- Maluku Utara

- Maluku

- Papua

Baca Juga: Ketuk Palu, Siswa SMA/SMK di Jawa Barat Akan Dapat Dana BPMU Sebesar Rp700 Ribu Hingga Rp1,2 Juta, Begini Teknisnya

Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Bengkulu

- Kep. Bangka Belitung

- Bali

- Sulawesi Selatan

- Papua Barat

Wilayah yang berpotensi angin kencang adalah:

- Banten

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul BMKG: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Kamis, 26 November 2020: Sejumlah Wilayah Alami Hujan Lebat

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : tribunnew.com

Baca Lainnya