Tukang Konstruksi ini Temukan Peti Mati Besi Berisi Mayat, Terungkap Misteri 160 Tahun Lalu dari Identifikasi Mayat

Jumat, 13 November 2020 | 15:15
SCMP

Peti mati besi yang ditemukan.

Gridhype.id- Sekelompok pekerja konstruksi yang tengah menggali lubang untuk mambangun rumah di Elmhurst di Queens, New York City, Amerika Serikat menemukan hal yang membuat geger.

Penemuan tersebut terjadi pada 2011 silam tepatnya pada 4 Oktiber 2011.

Seperti dilansir dari Eva.vn, awalnya para pekerja konstruksi tersebut mengira jika mereka tak sengaja menabrak pipa saat dilakukan penggalian.

Baca Juga: Mayat Curian Digantung di Toko Daging, ini 5 Kisah Pencurian Mayat Paling Mengerikan di Dunia

Namun, ketika mereka membukanya lebih dalam terkejut menemukan peti mati yang terbuat dari besi.

Bahkan lebih terkejut lagi mereka menemukan fakta mengejutkan, bahwa di dalamnya ternyata masih ada mayat.

Mayat tersebut diketahui adalah seorang wanita Afrika-Amerika, tak lama setelah penemuan itu, pekerja bangunan itu melaporkannya ke kantor polisi.

Baca Juga: Ditemukan Sejumlah Mayat di Dalam Sumur Penjara yang Terbengkalai, Begini Potret Menyeramkan Penjara Thailand

SCMP
SCMP

Peti mati besi yang ditemukan.

Kondisi mayat wanita itu sangat terpelihara, awalnya polisi mengira itu adalah kasus pembunuhan, dan mengira wanita itu meninggal tak lama.

Namun, setelah melakukan penelitian, para peneliti terkejut menyadari bahwa tubuh mayat tersebut bukanlah tubuh yang normal.

Scott Warnasch, arkeolog forensik yang menyelidiki penemuan itu, memandang peti mati besi yang ditemukan itu, dia mengatakan ini bukan dari kejahatan namun dari sejarah.

Baca Juga: Tepat Sehari Setelah Ledakan Bom di Jeddah, Kedutaan Besar Arab Saudi Dihujani Tembakan

Tak disangka wanita tersebut adalah mumi yang sudah berusia 160 tahun, peti mati itu diperkirakan berasal dari tahun 1800-an.

Tetapi karena kondisi yang tertutup rapat membuat mayat itu tersimpan dengan baik, sehingga tubuhnya tetap terjaga.

"Dia tampak seperti dikuburkan selama seminggu, tetapi kenyataannya adalah 160 tahun," jelasnya.

Eva.vn
Eva.vn

Kondisi mayat yang ditemukan di dalamnya.

Ketika ditemukan wanita tersebut mengenakan pakaian jubah putih, kaus kaki setinggi lutut, dan rincian lainnya adalah wanita tersebut menderita cacar.

Setelah pemeriksaan medis, mematikan tidak ada virus cacar yang masih aktif di tubuhnya.

Baca Juga: Iseng Masuki Rumah Sakit Tua yang Terbengkalai 150 Tahun Untuk Uji Nyali, Para Pemburu Hantu ini Justru Temukan Hal Tak Terduga di Dalamnya

Menurut Live Science, tim yang memindai mayat itu dengan MRI dan CT menemukan bahwa wanita itu meninggal sekitar usia 25-30 tahun, dia memiliki tinggi 1,57 meter.

Selain itu terkuak pula misteri 160 tahun lalu, di mana wanita tersebut menderita penyakit cacar dan disimpulkan bahwa itu adalah kondisi yang berbahaya pada saat itu.

Sehingga wanita itu dikuburkan dengan peti mati besi.

Tahun 1800-an peti mati besi sangat populer, karena situasi politik saat itu, diketahui pula wabah cacar adalah penyakit berbahaya yang mewabah pada tahun tersebut.

Baca Juga: Sebut Habib Rizieq Tukang Obat, Habib Alwi Bakal Polisikan Nikita Mirzani Jika Tak Minta Maaf

Peti mati besi digunakan untuk membatasi risiko penyebaran penyakit ini.

Berdasarkan semua informasi yang dikumpulkan, wanita tersebut adalah Martha Peterson (26) wanita asal Afrika-Amerika yang meninggal karena cacar.

Situasi itu seolah menggambarkan situasi yang terjadi 1800-an hampir mirip dengan kekacauan dunia yang disebabkan Covid-19.

Bedanya pada saat itu, orang-orang tersebut menderita penyakit cacar.

Sementara itu, tempat yang digali oleh tukang batu tersebut dulunya adalah situs pemakaman orang Afrika-Amerika.

Pasca temuan tersebut, semua detail menariknya diterbitkan dalam sebuah film dokumenter berjudul "The Woman in the Iron Coffin" yang diterbitkan oleh PBS, pada 3 Oktober 2018. (*)

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul,Menggali Tanah Untuk Membangun Rumah, Tukang Batu Ini Malah Temukan Peti Mati yang Membongkar Misteri 160 Tahun Lalu, Kondisinya Mirip dengan Wabah Covid-19

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya