16 Jenis Makanan ini Direkomendasikan Ahli Gizi Untuk Tingkatkan Sistem Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi, Sedia di Rumah ya

Kamis, 24 September 2020 | 17:15
Pexels

Manfaat mengonsumsi kacang almond

Gridhype.id– Ditengah pandemi covid-19, pemerintah telah berulang kali mengimbau maskarakat untuk menjalankan protokol kesehatan yang ketat dan menjaga imunitas tubuh.

Sebab, virus corona akan dengan mudah menyerang seseorang dengan imunitas tubuh yang rendah.

Ada banyak cara yang bisa kita lakikan untuk mencegah terinfeksi virus corona dengan manjaga imunitas tubuh.

Meskipun tidak ada makanan atau suplemen yang dapat "menyembuhkan" atau bahkan 100% mencegah Anda tertular virus seperti coronavirus atau flu, beberapa makanan telah terbukti membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Berikut adalah 16 pilihan makanan teratas, dan cara memasukkan masing-masing ke dalam rutinitas makan rutin Anda.

Baca Juga: Bantu Tubuh Terhindar dari Virus Corona, Konsumsi 6 Makanan ini Untuk Bantu Jaga Sistem Imun Selama PSBB

Buah jeruk dan paprika merah

Vitamin C, nutrisi superstar dalam jeruk, terkenal karena perannya dalam mendukung sistem kekebalan tubuh.

Walaupun vitamin C tidak dapat mencegah penyakit, vitamin C telah diteliti pada orang dengan infeksi pernapasan, dengan manfaat terutama terlihat pada mereka yang memiliki kadar darah suboptimal.

Penelitian tampaknya mendukung tujuan mengonsumsi sekitar 200 mg per hari untuk pencegahan infeksi.

Satu jeruk sedang menyediakan 70 mg, jeruk bali mengandung hampir 90 mg, dan satu bungkus paprika merah mentah 150 mg.

Makan jeruk seperti atau dipasangkan dengan kacang, gunakan irisan paprika merah untuk meraup hummus atau guacamole.

Biji bunga matahari dan almond

Selain vitamin C, vitamin E berperan penting dalam imunitas. Vitamin yang larut dalam lemak ini meningkatkan aktivitas sel-sel kekebalan untuk mendukung kemampuan tubuh untuk menangkis bakteri dan virus yang menyerang.

Satu ons biji bunga matahari, atau seperempat cangkir, memasok sekitar setengah dari target harian yang direkomendasikan untuk vitamin E.

Porsi almond dengan ukuran yang sama mengandung 45% dari target harian.

Pasangkan dengan buah segar atau cambuk biji bunga matahari atau mentega almond menjadi smoothie.

Baca Juga: Kini DItarik Oleh Pemerintah dari Pasaran, Jamur Enoki Asal Korea Selatan ini Diklaim Mengandung Bakteri Berbahaya, Ketahui Gejalanya Berikut ini

Ubi jalar dan wortel

Sayuran ini adalah sumber utama beta karoten, pendahulu vitamin A.

Nutrisi ini membantu sistem kekebalan tubuh dengan membantu menghasilkan sel darah putih, yang melawan bakteri dan virus.

Juga membantu membentuk selaput lendir yang melapisi saluran pernapasan, yang bertindak sebagai penghalang pelindung untuk menjaga kuman keluar dari tubuh.

Ubi jalar dipanggang mengemas lebih dari 150% dari tujuan vitamin A harian, dan secangkir wortel mentah lebih dari 100% dari asupan yang direkomendasikan.

Tambahkan kentang manis panggang dengan kacang atau biji, dan kunyah wortel dengan saus sehat, seperti mentega kacang atau tahini.

Kacang Brazil dan sarden

Terlalu sedikit dari mineral selenium telah terbukti menunda respon imun, dan jumlah yang cukup diketahui meningkatkan imunitas.

Selenium juga merupakan antioksidan kuat, yang berarti itu bertindak seperti pengawal untuk mencegah sel dari serangan dengan cara yang merusak DNA.

Satu ons kacang Brasil, sekitar enam hingga delapan kacang utuh, menyediakan hampir 1.000% dari nilai harian untuk selenium.

Tiga ons sarden menyediakan lebih dari 80%. Keluarkan kacang Brazil apa adanya, atau potong dan tambahkan ke oatmeal atau sayuran yang dimasak.

Aduk sarden dengan sayuran, saus tomat, dan pasta, atau tambahkan salad.

Biji labu mengandung antioksidan dan mineral lainnya.runawayrice

Baca Juga: Negara Kiribati Masih Catat Nol Kasus Covid-19, Warga Lokal Klaim Gunakan Buah Ini Untuk Membangun Kekebalan Tubuh, Benarkah?

Kacang panggang dan biji labu

Seng mempengaruhi berbagai aspek sistem kekebalan tubuh.

Produksi sel-sel kekebalan tertentu terbatas ketika asupan seng rendah, dan seng yang cukup sangat penting untuk perkembangan dan fungsi normal sistem kekebalan tubuh.

Satu cangkir kacang panggang vegetarian menyediakan lebih dari setengah dari asupan harian yang direkomendasikan untuk seng, dan satu ons atau seperempat cangkir biji labu mengandung 20%.

Kombinasikan keduanya: pilih kacang panggang sebagai sumber protein Anda, dipasangkan dengan sayuran matang yang ditaburi biji labu.

Kunyit

Curcumin, senyawa alami dalam kunyit yang bertanggung jawab atas warna cerahnya, adalah senyawa antiinflamasi yang kuat.

Ini juga telah terbukti meningkatkan aktivitas sel kekebalan tubuh dan meningkatkan respons antibodi.

Menggabungkan kunyit dengan lada hitam secara signifikan meningkatkan bioavailabilitas curcumin.

Taburkan kombo lada hitam kunyit ke smoothie, sup, kaldu, atau sayuran yang dimasak.

Baca Juga: Pakar IDI:Virus Corona Bisa Mati dengan Sendirinya, Namun Kita Harus Melakukan Hal ini Terlebih Dahulu

Buah ceri kering

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam ceri tart kering terkait dengan sistem kekebalan yang didukung, termasuk pengurangan risiko gejala saluran pernapasan atas.

Mereka juga mendukung tidur yang sehat karena kandungan melatonin alami mereka, yang sangat penting karena penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup lebih mungkin untuk sakit setelah terkena virus.

Makan mereka apa adanya, atau aduk menjadi mentega kacang dan makan dari sendok.

Kacang kenari

Selain menjadi salah satu makanan antiinflamasi teratas, kacang kenari mengandung beberapa nutrisi yang berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh, termasuk vitamin E dan B6, tembaga, dan folat.

Kacang kenari juga telah ditunjukkan dalam penelitian untuk mengurangi stres psikologis, dan stres tak terkendali melemahkan imunitas.

Pasangkan kenari dengan ceri asam kering sebagai camilan, atau potong dan gunakan sebagai hiasan untuk buah segar atau sayuran yang dimasak.

Bawang putih

Penelitian memberikan kredibilitas pada kemampuan penunjang kekebalan bawang putih.

Dalam satu penelitian yang lebih tua, 146 sukarelawan secara acak ditugaskan untuk menerima plasebo atau suplemen bawang putih setiap hari selama 12 minggu sepanjang musim dingin.

Kelompok bawang putih mengalami pilek secara signifikan lebih sedikit dibandingkan dengan kelompok plasebo, dan mereka pulih lebih cepat jika mereka terinfeksi.

Penelitian baru mengkonfirmasi bahwa ekstrak bawang putih yang sudah tua dapat meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh.

Dalam penelitian tersebut, orang dewasa yang sehat antara 21 dan 50 menerima plasebo atau ekstrak bawang putih tua selama 90 hari.

Sementara tidak ada perbedaan dalam jumlah penyakit di antara kelompok, mereka yang menerima bawang putih telah mengurangi keparahan pilek dan flu, lebih sedikit gejala, dan jumlah hari kerja atau sekolah yang lebih sedikit.

Raih cengkeh dan bawang putih segar daripada suplemen. Tambahkan ke sayuran, sup, atau kaldu yang dimasak.

Baca Juga: Tingkatkan Kekebalan Tubuh Untuk Hadapi Virus Corona dengan 12 Kebiasaan Berkikut ini, Salah Satunya Rutin Konsumsi Ikan

Jus delima

Jus delima murni adalah makanan lain yang mendukung kekebalan melalui aktivitas antimikroba dan anti-inflamasi.

Antioksidan flavonoid yang ditemukan dalam jus delima juga telah terbukti memerangi virus, dan mengurangi panjang pilek sebanyak 40%.

Cicipi sari buah delima, tambahkan cipratan ke air atau teh chamomile, campur menjadi smoothie, atau bekukan dalam cetakan bebas BPA, bersama dengan pure pisang dan jahe, untuk membuat es loli.

Sayuran hijau

Sayuran hijau menyediakan antioksidan anti-inflamasi, serta nutrisi penting yang dikenal untuk membantu fungsi sistem kekebalan tubuh, termasuk vitamin A dan C, dan folat.

Sayuran hijau juga menyediakan senyawa bioaktif yang melepaskan sinyal kimia yang mengoptimalkan imunitas dalam usus, lokasi 70-80% sel kekebalan.

Tumis sayuran bersama bawang putih, kunyit, dan lada hitam, atau tambahkan ke sup.

Anda juga bisa mencampurkan sayuran hijau, seperti kangkung atau bayam, menjadi smoothie. (*)

Artikel ini telah tayang di Intisari online dengan judul,Hadapi Corona: 16 Makanan Ini Direkomendasikan oleh Ahli Gizi untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Melawan Virus Corona, Salah Satunya Ubi Jalar

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya