Kini DItarik Oleh Pemerintah dari Pasaran, Jamur Enoki Asal Korea Selatan ini Diklaim Mengandung Bakteri Berbahaya, Ketahui Gejalanya Berikut ini

Sabtu, 27 Juni 2020 | 06:15
iStockphoto

Jamur enoki

Gridhype.id- Baru-baru ini, Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan (PPKKPP) Kementerian Pertanian RI mengumumkan jika beberapa jamur enoki yang beredar di pasaran mengandung bakteri listeria yang membahayakan kesehatan.

"Dua hari yang lalu kita telah memusnahkan jamur enoki, karena beberapa negara di Australia, Amerika dan beberapa negara lain, telah menginfokan bahwa jamur enoki mengandung Listeria," jelas Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Yasid Taufik dalam seminar Webinar Keamanan Pangan di Era New Normal, Rabu (24/6/2020).

Baca Juga: Digemari Orang Indonesia, Jamur Enoki Disebut Jadi Penyebab Wabah Listeria dan Berbahaya

Infeksi listeria merupakan penyakit yang disebabkan oleh makanan yang mengandung bakteri Listeria.

Penyakit ini berdampak sangat serius pada ibu hamil, orang berusia di atas 65 tahun, dan orang dengan sistem imun rendah.

Bakteri Listeria monocytogenes bisa ditemukan pada daging yang tidak dimasak dengan benar, susu yang tidak dilakukan pasteurisasi, serta yang sekarang sedang heboh di Indonesia, jamur enoki yang diproduksi oleh perusahaan pangan Sun Hong Foods dan Green Co, Ltd asal Korea Selatan.

Baca Juga: Ngeri! Telinga Bocah ini Ditumbuhi Jamur, Penyebabnya Karena Kebiasaan Sepele yang Sering Kita Abaikan ini

Orang yang tubuhnya sehat memang jarang menjadi sakit gara-gara infeksi listeria, tetapi pada orang dengan daya tahan tubuh lemah, seperti bayi, janin dalam kandungan, atau lansia, dampaknya bisa fatal.

Jika seseorang terinfeksi listeria, akan timbul gejala berupa demam, nyeri otot dan sendi, pusing, hingga diare.

Gejala itu bisa timbul beberapa hari setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, atau bisa juga baru ada gejala setelah 30 hari.

Baca Juga: Vagina Terasa Gatal Menganggu, Bisa Jadi Karena 5 Jenis Makanan ini

Bila infeksinya menyebar sampai ke sistem saraf, gejala yang perlu diwaspadai adalah nyeri kepala, kaku pada leher, pusing dan bingung, kehilangan keseimbangan, serta kejang.

Pada ibu hamil, infeksi bakteri ini hanya menimbulkan gejala yang ringan, tetapi dampaknya pada bayi dalam kandungan sangat berat, bahkan bisa menyebabkan meninggal sebelum dilahirkan.

Segera periksakan diri ke dokter jika kamu merasa sudah mengonsumsi jamur enoki dan mengalami gejala sakit, terutama demam, pusing, nyeri otot, dan diare.

Baca Juga: Sering Digunakan Untuk Mempercantik Diri, Siapa Sangka Cat Kuku Ternyata Punya Kandungan Zat yang Berbahaya Untuk Kulit dan Area Miss V

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jamur Enoki Memicu Infeksi Listeria, seperti Apa Gejalanya?"

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com, tribunnews

Baca Lainnya