Jangan terlalu Berharap, Eks Petinggi CDC Sebut Jika Penemuan Vaksin Covid-19 Bukanlah Akhir dari Pandemi

Rabu, 23 September 2020 | 17:15
Ilustrasi vaksin covid-19 via Sosok.ID

Bagaimana Nasib Indonesia? Vaksin Covid-19 Diborong oleh Negara-negara Kaya

Gridhype.id-Para ilmuwan di seluruh dunia saat ini masih terus melakukan uji coba vaksin untuk menangkal virus Covid-19 yang mewabah diberbagai negara.

Tak bisa dipungkiri, jika banyak dari kita yang berharap kemunculan vaksin covid-19 ini dapat mengakhiri pandemi Covid-19.

Namun nampaknya apa yang kita harapkan tersebut belum tentu dapat terwujud.

Menurut mantan Direktur CDC, Dr Tom Frieden, pandemi covid-19 masih akan tetap ada meskipun para ilmuwan telah berhasil menemukan vaksin tersebut.

Hal tersebut ia sebutkan dalam program "Your World" pada Senin (21/9) kemarin.

Baca Juga: Bukan Vaksin, Perusahaan Asal Jepang Hadirkan Lampu Pemancar UV yang Dianggap Mampu Bunuh Virus Corona

Dalam program tersebut ia juga menjelaskan jikavirus corona tetap ada, dan jika orang-orang tidak berhati-hati, virus tersebut dapat menginfeksi kita.

Frieden melanjutkan, setiap orang harus bertindak secara bertanggung jawab dan memahami bahwa tidak ada akhir dari pandemi, bahkan ketika vaksin telah ditemukan.

"Tindakan yang harus kita lakukan adalah mengurangi risiko dan siap untuk beradaptasi," kata Frieden kepada pembawa acara program Your World, Neil Cavuto.

Baca Juga: China Kapok Datangkan Lagi Produk Laut Impor dari Indonesia Lantaran Tempo Hari Paket Ikan Beku Terdeteksi Virus Corona

Itu artinya, orang-orang perlu mematuhi tiga aturan, seperti memakai masker, menjaga jarak fisik, dan mencuci tangan, menurut Frieden.

"Semua aturan ini menghilangkan risiko terkena virus dan memungkinkan kita kembali ke aktivitas harian lebih cepat."

Ia mengingatkan, jika masyarakat tidak sabar menunggu dan tetap beraktivitas seperti biasa, maka kita akan kembali mengalami lockdown, seperti yang terjadi di sebagian besar negara di dunia, termasuk AS.

Frieden membicarakan kemungkinan terdapat lonjakan kasus saat musim dingin tiba.

Baca Juga: Kapolrestabes Bandung Imbau Agar Warga di Luar Tak Datang ke Kota Bandung, Ada Apa?

"Kita bisa melihat lebih banyak penyakit saat musim dingin." kata Frieden.

Dilanjutkan Frieden, seberapa besar dampak dari penyebaran Covid-19 tergantung pada masyarakat.

"Itu tergantung berapa lama kita menghabiskan waktu di ruangan yang berventilasi buruk dengan orang-orang yang berasal dari tempat yang penuh infeksi Covid-19 dan tidak memakai masker."

Jika kita mematuhi aturan seperti penggunaan masker, menghindari berkumpul bersama banyak orang di dalam ruangan, maka kita dapat membuat perbedaan besar, menurut Freiden.

(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Eks Pejabat CDC Sebut Pandemi Belum Akan Berakhir meski Vaksin Ditemukan"

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya