Penjelasan Soal Penggunaan Toilet Umum di Tengah Pandemi Covid-19, Apakah Aman?

Sabtu, 05 September 2020 | 06:00
Freepik/lifeforstock

Ilustrasi toilet.

GridHype.ID - Sampai saat ini Indonesia masih terus berjuang melawan pandemi Covid-19.

Meski begitu, pemerintah sudah melonggarkan masyarakat dalam beraktivitas di luar rumah.

Tetapi harus selalu memakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak ketika di luar rumah.

Menjalani new normal atau normal baru memang menjadi keharusan untuk semua individu di tengah pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga: Sedang Syuting Film The Batman, Robert Pattinson Dikabarkan Positif Covid-19

Meski pun sudah boleh beraktivitas di luar rumah, namun kita tetap disarankan untuk mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Saat berada di luar rumah pun tentunya ada beberapa hal yang kita khawatirkan, salah satunya adalah kebersihan dari toilet umum.

Maka dari itu tak heran jika muncul pertanyaan apakah aman menggunakan toilet umum di tengah pandemi Covid-19 atau virus corona ini?

Baca Juga: Indonesia Digoyang Isu Resesi Ekonomi Akibat Pandemi Covid-19, Ekonom Bagikan Tips untuk Masyarakat Hadapi Situasi Ini

Belum lagi memikirkan betapa kotornya lantai, toilet, hingga ke pegangan pintunya yang sudah dipegang oleh banyak orang.

Melansir dari World of Buzz, inilah yang perlu kita ketahui soal menggunakan toilet umum di tengah pandemi Covid-19 ini.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Harvard Health Publishing, satu hal yang dapat memengaruhi peluang kita tertular virus corona dari orang lain di toilet, adalah waktu. 15 menit tepatnya.

Baca Juga: Ringankan Beban Masyarakat di Kala Pandemi, 6 Bantuan Pemerintah Ini Siap Diberikan bagi yang Terdampak, dari Kartu Prakerja hingga Pulsa Rp400.000

Jika kita terlalu dekat dengan orang yang terinfeksi virus corona selama kurang lebih 15 menit, risiko penularannya bisa saja rendah.

Lebih dari 15 menit risikonya akan sangat meningkat, terutama untuk orang terinfeksi yang mengeluarkan gejala seperti batuk.

Flush atau pembilas pada toilet dianggap musuh utama, sebab baik kuman dan bakteri dapat menyebar melalui tetesan air kecil di udara.

Baca Juga: Terus Alami Kenaikan Kasus Pasien Positif Covid-19, Pemprov DKI Jakarta Diminta Segera Tambah Kapasitas Tempat Tidur

Maka dari itu konsentrasi aerosol tertinggi juga dapat ditemukan di kamar mandi ketika seseorang sedang membilas toilet menggunakan flush.

Ribuan tetesan itu akan berkembang biak di udara ruang toilet tersebut dan dengan mudahnya kita hirup.

Maka dari itu menggunakan toilet umum di tengah pandemi Covid-19 ini masih dikategorikan belum terlalu aman, namun ada cara untuk kita meminimalisir penularan melalui toilet.

Baca Juga: Unik! Kisah Sakir Penjual Bakso Pentol dengan Tampilan Necis Bak Pegawai Kantor, Simak Ceritanya

Selama berada di dalam toilet kita harus tetap memakai masker agar kita tidak menghirup kuman atau pun bakteri di udara.

Selain itu masker juga bisa menjadi pelindung dari tangan kita yang tidak sengaja menyentuhkan, padahal kita tahu tangan kita sangat kotor.

Ketika mau menyiran kloset menggunakan flush, pastikan kita menutup klosetnya terlebih dahulu, hal itu meminimalisir jenis kuman apa pun naik ke udara.

Baca Juga: Tembus 1114 Kasus Positif Covid-19 per Hari di DKI Jakarta, Anies Baswedan Sambut Hal ini sebagai Kabar Baik

Sehingga menyiram dalam keadaan tertutup akan membuat kita tidak menghirup segala kuman yang ada disitu.

Selain itu, sebelum menggunakan kloset, pastikan membersihkan dudukannya terlebih dahulu ya, dengan tisu basah misalnya.

Jadi kita bisa merasa lebih aman ketika menduduki kloset yang sebelumnya juga dipakai oleh orang lain juga.

Artikel ini telah tayang di GridHits.ID dengan judul Apakah Aman Menggunakan Toilet Umum di Tengah Pandemi Covid-19? Begini Penjelasannya

(*)

Editor : Linda Fitria

Sumber : GridHits.ID

Baca Lainnya