Bak Angin dari Surga, Pemerintah Beri Bantuan Rp 600 Ribu bagi Pekerja yang Gajinya Kurang dari 5 Juta, Cair Kapan?

Jumat, 07 Agustus 2020 | 18:30
Pixabay

Ilustrasi uang

GridHype.ID - Pandemi covid-19 sudah berimbas pada semua sektor kehidupan manusia.

Salah satu sektor yang sangat terpukul adalah ekonomi.

Demi memulihkan sektor ekonomi, Pemerintah Indonesia berupaya keras untuk membantu masyarakat rentan dengan memberikan bantuan sosial atau bansos.

Baca Juga: Penampilannya Makin Gemerlap, Ibu Dua Anak Ini Kepergok Tenteng Tas Seharga Ratusan Juta Hanya untuk Pergi Makan, Netizen Sampai Dibuat Melongo

Selain itu, baru-baru ini Pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan dana sebesar Rp 600 ribu rupiah bagi mereka pekerja yang gajinya kurang dari 5 juta per bulan.

Sebanyak 13,8 juta pekerja di Indonesia mulai September 2020 akan menerima bantuan dana sebesar Rp 600 ribu dari pemerintah.

Bantuan tersebut akan diberikan selama empat bulan.

Baca Juga: Uji Coba Fase 1 Vaksin Buatan Amerika Serikat Tunjukkan Hasil Baik, Buat Pemulihan Pasien Jauh Lebih Cepat

"Bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan akan langsung diberikan per dua bulan ke rekening masing-masing pekerja sehingga tidak akan terjadi penyalahgunaan," kata Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid 19, Erick Thohir dalam keterangan tertulis, Kamis (6/8), melansir dari Tribunnews.

Pekerja yang berhak menerima bantuan tersebut kata Erick adalah non PNS dan karyawan BUMN.

Selain itu pekerja tersebut harus aktif terdaftar di BP Ketenagakerjaan dengan iuran di bawah Rp 150 ribu per bulan atau setara gaji di bawah Rp 5 juta per bulan.

Baca Juga: Digadang-gadang Bakal ke Pelaminan, Jalinan Asmara Amanda Manopo dan Billy Syahputra Diterawang Paranormal Kondang, Sebut Salah Satu Bakal Pindah Keyakinan

Dana tersebut digelontorkan guna membantu ekonomi pekerja.

Program stimulus itu, lanjut Erick, saat ini sedang dalam tahap finalisasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

instagram.com/erickthohir

Menteri BUMN, Erick Thohir akui terima titipan partai.

"Pemerintah telah memiliki program bantuan untuk rakyat miskin dan pekerja yang terdampak pemutusan hubungan kerja melalui Program Kartu Pra Kerja."

Baca Juga: Wanita Muda Perlu Tahu! Pakar Beberkan Kelompok Usia Pria 30-40 Tahun yang Harus Dihindari untuk Kencan, Ini Alasannya

"Tujuan pemerintah menggelontorkan bantuan gaji tambahan ini adalah untuk mendorong konsumsi masyarakat."

"Hal ini penting untuk menggerakkan perekonomian dan mendorong pemulihan ekonomi,” jelas Erick.

Erick Thohir mengatakan program pemulihan ekonomi yang dilaksanakan pemerintah cukup banyak, namun saling berkesinambungan, misalnya bantuan sosial tunai, bantuan pangan non tunai, program keluarga harapan, hingga penyaluran kredit di sektor UMKM.

Baca Juga: Kliennya Terang-terangan Hina Martabat Organisasi Perkumpulan Profesi Dokter Sampai Sebut IDI Kacung WHO, Pengacara Jerinx Angkat Bicara

"Percepatan realisasi program pemulihan ekonomi ini berjalan beriringan dengan prioritas utama pemerintah untuk kesehatan dan mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam pandemi ini agar kesehatan pulih, dan ekonomi pun bangkit,"ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah tengah fokus meningkatkan penyerapan anggaran program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Berbagai rencana tengah digodok, guna menggenjot kembali roda perekonomian nasional.

Baca Juga: Anti Stres Hilangkan Minyak Membandel di Tempat Makan Plastik dalam 45 Detik Saja, yuk Coba Trik Mudahnya

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, satu di antara beberapa rencana yang akan dilakukan guna mempercepat penyerapan anggaran PEN adalah pemberian santunan bagi para pegawai yang bekerja di sektor swasta.

Instagram
Instagram

Menteri Keuangan Sri Mulyani

Rencananya, pemerintah akan memberikan santunan kepada pegawai swasta dengan gaji di bawah Rp 5 juta per bulan.

"Pemerintah sedang kaji untuk menyiapkan pemberian bantuan gaji kepada 13 juta pekerja yang memiliki upah di bawah Rp 5 juta," kata Sri Mulyani, dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/8), mengutip dariTribunnews.

Baca Juga: Tak Pernah Berikan Kabar Kehamilan Anak Keduanya, Kahiyang Ayu Tetiba Umumkan Kelahiran Anak Laki-lakinya, Penampilannya Semasa Hamil Malah Jadi Sorotan

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menambahkan, untuk merealisasikan rencana tersebut, anggaran belanja yang dibutuhkan akan mencapai Rp 31,2 triliun.

Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menyebutkan, pegawai dengan gaji Rp 5 juta kebawah masih sanggup mengatasi dampak pandemi Covid-19.

Artikel ini telah tayang di Suar.ID dengan judul Siap-siap Cek Rekening bagi Para Pekerja yang Bergaji Dibawah Rp 5 Juta, Pemerintah akan Berikan Bantuan Rp 600.000 yang Cair Mulai September

(*)

Editor : Linda Fitria

Sumber : Suar.id

Baca Lainnya