Jadi Primadona Investasi, 5 Keuntungan Ini Bisa Kamu dapat Jika Miliki Tabungan Emas!

Selasa, 28 Juli 2020 | 06:00
freepik.com

Emas batangan

GridHype.ID - Investasi emas memang selalu menjadi primadona.

Bagaimana tidak, nilainya yang cenderung terus mengalami kenaikan, jadi alasan utama.

Terlebih di tengah pandemi seperti saat ini, menyimpan emas bisa menghindarkan dari gerusan inflasi.

Saat ini saja, harga emas batangan Antam sudah berada di harga Rp 944.000 per gramnya.

Baca Juga: 4 Tahun Lagi Ekonomi Indonesia Diprediksi Masuk 5 Besar Dunia Kalahkan Negara Eropa, Ternyata Begini Syaratnya

Sementara untuk membeli logam mulia seberat 5 gram dibutuhkan uang sebesar Rp 4.540.000.

Bagi sebagian orang, membeli emas secara langsung cukup berat lantaran harganya yang mahal ( tabungan emas Antam).

Mengumpulkam uang dulu, lalu membeli saat uang tabungan sudah terkumpul bisa jadi cukup merepotkan dan kurang praktis.

Salah satu cara memiliki emas dengan modal kecil yakni lewat tabungan emas atau menabung emas.

Baca Juga: Pecinta Kopi Perhatikan Fakta Ini! Minum Kopi Sekali Sehari Ternyata Bisa Sebabkan Kondisi Ini pada Tubuh Loh

Sekarang ini, sudah banyak lembaga-lembaga keuangan menyediakan layanan tabungan emas, salah satunya PT Pegadaian (Persero) atau buka tabungan emas Pegadaian.

Bahkan saat ini, beberapa marketplace juga sudah menyediakan platfom tabungan emas seperti Tokopedia hingga Bukalapak.

Di mana memiliki emas bisa dilakukan seperti menyicil namun tanpa terikat waktu, lantaran setorannya bisa dilakukan kapan saja.

Baca Juga: Pecahkan Rekor, Harga Emas Capai Level Tertinggi Sepanjang Masa, Vaksin Virus Corona Bisa Jadi Perusak

Konsep tabungan emas hampir sama dengan konsep menabung di bank pada umumnya. Dengan menyetorkan sejumlah uang, maka uang yang disetorkan akan langsung dikonversikan menjadi gram emas sesuai dengan harga logam mulia yang berlaku saat itu juga.

Berikut 5 keuntungan punya tabungan emas ( manfaat tabungan emas)

1. Nilai emas stabil

Tidak seperti instrumen lain, emas cenderung lebih tahan terhadap fluktuasi inflasi, harganya cenderung stabil bahkan dalam gejolak ekonomi, dan mudah dicairkan kembali.

Baca Juga: Dianggap Lelucon oleh Direktur Bank, Penggali Selokan Ini Mampu Terobos Gudang Emas Terbesar di Dunia dengan Tingkat Keamanan Berlapis

Tidak hanya di Indonesia, para investor global juga mendiversifikasi aset mereka ke emas, untuk menghindari risiko kerugian akibat iklim ekonomi yang lesu.

Saat mencairkan tabungan, uang yang didapat bukan dari dana yang terkumpul dari total besaran uang disetorkan, namun dari harga emas terbari dikalikan dengan gram emas yang terkumpul dari konversi.

2. Bisa menabung dengan nominal kecil

Beberapa penyedia layanan tabungan emas biasanya mensyaratkan nominal minimum tertentu saat menyetor tabungan.

Baca Juga: Tanpa Pamer Kemesraan, Tara Basro Tegaskan Statusnya Jadi Istri Daniel Adnan Ketika Tutup Cuitannya dengan Tagar 'Merried'

Namun nilainya relatif sangat kecil, bisanya setoran minimal ditetapkan sebesar Rp 5.000.

Jika dulu emas sebagai logam mulia diperdagangkan per batang atau per kilo, kini setiap investor bisa mencicil tabungan emas mereka.

Tentunya, kepraktisan ini menjadikan emas sebagai instrumen yang cocok bagi investor muda, bahkan untuk kalangan pelajar dan mahasiswa yang ingin mulai berinvestasi sejak dini.

Risiko rendah dan harga yang amat terjangkau merupakan jaminan keamanan yang sulit diperoleh dari instrumen investasi lain.

Baca Juga: Kereta Emas Belanda Bergambar Budak Indonesia Viral di Media Sosial, Ribuan Orang Tanda Tangani Petisi untuk Gugat

3. Mudah dicairkan

Tidak seperti jenis investasi lain, investasi emas yang berupa tabungan emas, mudah dicairkan baik yang dilakukan secara digital ataupun konvesional.

Lembaga keuangan penyedia tabungan emas juga menyediakan dua alternatif, mencairkan dalam bentuk uang tunai sesuai dengan saldo gram emas, atau bisa juga dengan dicairkan sebagai emas batangan.

Jika mencairkan dalam bentuk emas batangan, logam mulia tersebut bisa disimpan dan dijual kapan pun atau saat ada kebutuhan mendesak.

Baca Juga: Tukang Penggali Selokan ini Tak Sengaja Temukan Jalan Rahasia Menuju Gudang Emas Terbesar di Dunia, Namun yang Dilakukannya Sungguh di Luar Dugaan

Hampir tak ada risiko kerugian dari menyimpan emas dalam waktu yang lama, karena harganya yang stabil dan terus meningkat.

4. Tak perlu menyimpan fisik

Ketika membuka tabungan emas, otomatis emas yang kita simpan sesuai dengan konversi dari uang yang disetorkan, akan disimpan oleh lembaga keuangan penyedia layanan tabungan emas.

Tabungan emas bisa dicairkan kapan saja.

Sehingga, kita terhindar risiko kehilangan emas jika menyimpannya di rumah.

Baca Juga: Seorang Janda Kembang Nekat Mencuri 50 Gram Emas, Begini Nasibnya Sekarang

Atau investor juga tak perlu pusing menempatkan emas di safety deposit box di bank yang tentunya membutuhkan biaya.

5. Bisa jadi jaminan atau digadai

Beberapa lembaga keuangan penyedia tabungan emas juga memberikan fasilitas kredit dengan jaminan tabungan emas.

Hal ini tentu bisa jadi alternatif bagi penabung emas yang membutuhkan dana mendesak namun enggan mencaikan tabungan emasnya.

Apalagi, pengajuan kredit dengan jaminan tabungan emas saat ini bisa dilakukan secara digital tanpa perlu datang ke kantor cabang bank maupun lembaga keuangan.Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul 5 Keuntungan Punya Tabungan Emas Batangan

Editor : Nailul Iffah

Sumber : KOMPAS.com

Baca Lainnya