Pecahkan Rekor, Harga Emas Capai Level Tertinggi Sepanjang Masa, Vaksin Virus Corona Bisa Jadi Perusak

Minggu, 26 Juli 2020 | 12:58
Pixabay/istara

Ilustrasi emas batangan.

GridHype.ID - Pandemi virus corona hingga kini masih terus mewabah di seluruh dunia.

Entah sampai kapan pandemi virus corona ini akan berakhir.

Dunia seakan dibuat porak poranda oleh makhluk tak kasat mata.

Ya, dunia memang sedang rusuh-rusuhnya.

Baca Juga: Tampak Tak Menjanjikan, Hanya Bermodal Pinset, Pria Ini 'Menambang Emas' di Jalanan Kota New York, Tak Main-main Penghasilannya Bisa Capai Rp14 Juta Per Minggu!

Semakin hari wabah virus corona makin mengintai mengerikan, belum lagi konflik antar negara yang tak berujung.

Pandemi virus corona mengerek harga emas ke rekor tertinggi sepanjang masa.

Kenaikan tensi geopolitik antara Amerika Serikat (AS) dan China pun turut membakar harga emas.

Baca Juga: Memang Mantu Idaman, Sirajuddin Mahmud Belikan Emas Batangan untuk sang Mertua, Begini Reaksi Ibu Zaskia Gotik

Pada Jumat (24/7), harga emas spot berada di US$ 1.902,02 per ons troi.

Meski hanya menguat 0,77% dalam sehari, harga emas ini mencapai level psikologis US$ 1.900 per ons troi, sekaligus melewati level tertinggi sebelumnya.

what investment
what investment

Ilustrasi Emas

Level tertinggi harga emas spot sebelumnya adalah US$ 1.900,20 per ons troi yang tercapai pada 5 September 2011.

Baca Juga: Dianggap Lelucon oleh Direktur Bank, Penggali Selokan Ini Mampu Terobos Gudang Emas Terbesar di Dunia dengan Tingkat Keamanan Berlapis

"Kekhawatiran perlambatan ekonomi global karena perseteruan AS-China mungkin akan menyebabkan pemerintah dan bank sentral berbagai negara dunia memperpanjang stimulus," kata Tai Wong, head of base and precious metals derivative trading BMO kepada Reuters.

China menyerukan agar AS untuk menutup konsulat di Chengdu. Ini adalah balasan setelah AS menyerukan agar China menutup konsulat di Houston.

Konflik AS-China yang berkepanjangan ini menambah tenaga harga emas yang sudah naik karena penambahan kasus baru virus corona yang tanpa henti.

Baca Juga: Tanpa Pamer Kemesraan, Tara Basro Tegaskan Statusnya Jadi Istri Daniel Adnan Ketika Tutup Cuitannya dengan Tagar 'Merried'

Jumlah kasus baru corona di AS telah melewati angka 4 juta. Sedangkan total kasus secara global telah mencapai 15,58 juta.

"Satu-satunya yang akan menurunkan harga emas adalah pengembangan cepat vaksin virus corona. Hingga ini terjadi, ketidakpastian masih akan ada," kata Rhona O'Connell, analis StoneX kepada Reuters.

Tak cuma harga emas, harga logam mulai lain pun terdongkrak. Harga perak menguat 17% dalam sepekan. Ini adalah kenaikan terbesar sejak 1987.

Baca Juga: Tukang Penggali Selokan ini Tak Sengaja Temukan Jalan Rahasia Menuju Gudang Emas Terbesar di Dunia, Namun yang Dilakukannya Sungguh di Luar Dugaan

"Investor melihat perak masih murah jika dibandingkan dengan emas dan inilah yang turut mengangkat harga," kata Jim Wyckoff, analis senior Kitco Metals.

Artikel ini telah tayang di GridHot.ID dengan judul Harga Emas Pecahkan Rekor Tertinggi Sepanjang Masa, Vaksin Corona Jadi Satu-satunya Hal yang Bisa Merusaknya, Ini Sebabnya(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : GridHot.ID

Baca Lainnya