Asal Usul Berlian Cullinan yang Terletak di Mahkota Kerajaan Inggris Dianggap Langka, Begini Penjelasan Peneliti

Jumat, 26 Juni 2020 | 13:30
Mirror

Ratu Elizabeth II mengenakan mahkota yang membawa salah satu berlian Cullinan.

GridHype.ID - Permata yang ada dimahkota Kerjaan Inggris ternyata termasuk berlian "sangat dalam" yang dibentuk dekat dengan inti Bumi.

Adalah berlian Cullinan.

Berlian terbesar yang pernah ditemukan dan para ahli telah menggunakan teknologi laser perintis untuk menetapkan asal-usulnya.

Berlian itu adalah salah satu dari dua berlian yang ditemukan tiga kali lebih dalam dari kebanyakan berlian di mantel bumi.

Baca Juga: Atta Halilintar Sesumbar Ingin Beli Istana Cinere, Tak Disangka Ashanty Justru Terima DP dengan Harga Fantastis dari Sosok Ini!

Berlian itu didorong dari dalam melalui letusan gunung berapi.

Berlian super besar itu ditemukan di sebuah tambang Afrika Selatan pada tahun 1905 dan diberli nama oleh Sir Thomas Cullinan sang pemilik tambang.

Batu berlian besar itu diberikan kepada Raja Inggris (Edward VII) sebagai hadiah.

Berlian itu merupakan gerakan simbolik yang dimaksudkan untuk menyembuhkan keretakan hubungan antara Inggris dan Afrika Selatan setelah Perang Boer di masa lalu.

Baca Juga: Angin Segar! Indonesia Berhasil Ciptakan Alat Rapid Test Murah, Diklaim Miliki Akurasi Tinggi

Berlian kedua yang ditemukan memiliki jejak bridgmanite adalah berlian Hope yang ditemukan di India dan disimpan di Smithsonian Institute, AS.

Dr Wuyi Wang, dari Gemological Institute of America, mengatakan, "Berlian ini mengalami perjalanan yang luar biasa."

"Kami percaya bahwa boronlah yang memberi berlianHope itu warna biru yang khas, berasal dari dasar lautan."

"Dari sana, lempeng tektonik menyeretnya ratusan kilometer ke bawah mantel, di mana ia dapat dimasukkan ke dalam berlian."

Baca Juga: Divonis Idap Penyakit Serius, Hotman Paris Bagikan Warisan pada Ketiga Anaknya, Usut Punya Usut Begini Kata Dokterp

"Ini menunjukkan bahwa ada rute daur ulang raksasa yang membawa unsur-unsur dari permukaan Bumi turun ke Bumi, dan kemudian sesekali mengembalikan berlian indah ke permukaan, sebagai penumpang dalam letusan gunung berapi."

Mirror

Berlian Hope

Berlian terbentuk di bawah tekanan tinggi di mantel Bumi, lapisan tengah antara kerak permukaan dan inti pusat.

Mayoritas berlian terbentuk di dasar lempeng tektonik kontinental di kedalaman sekitar 150-200 km, tetapi beberapa berlian langka terbentuk lebih dalam di mantel bumi.

Baca Juga: Viral Seorang Pria Nikahi 2 Wanita Sekaligus Hingga Jadi Cibiran Tetangga, Saeful Ngaku Nikah karena Cinta Bukan Jampi-jampi

Tim yang berbasis di New York mengidentifikasi sisa-sisa mineral yang disebut bridgmanite di Cullinan yang berwarna biru-putih.

Berlian Cullinan memiliki berat 3.107 karat dan dibawa ke Amsterdam untuk dipotong menjadi 9 batu besar serta 96 batu kecil-kecil.

Dua batu terbesar ditempatkan di Tongkat Kerajaan dan MahkotaKerajaan.

Yang terbesar bernama Cullinan I - atau Bintang Besar Afrika - dan berada di tongkat kerajaan dengan berat 530 karat.

Baca Juga: Digemari Orang Indonesia, Jamur Enoki Disebut Jadi Penyebab Wabah Listeria dan Berbahaya

Tim AS membuat penemuan bridgmanite dengan memeriksa berlian besar lainnya yang ditemukan di Afrika Selatan.

Teknologi spektrometer Ramannya menemukan bahwa cara hamburan cahaya merupakan karakteristik dari produk penguraian bridgmanite.

Mirror

Ratu Mary mengenakan tiara Durbar Delhi dengan bros Cullinan.

Dr Evan Smith berkata, "Menemukan sisa-sisa dari mineral bridgmanite yang sulit dipahami ini penting.

Baca Juga: Jokowi Minta Jawa Timur Harus Bisa Turunkan Kasus Virus Corona dalam Jangka Waktu Dua Minggu!

"Ini sangat umum di bumibagian dalam, pada kondisi tekanan ekstrem mantel bawah, di bawah kedalaman 660 km, bahkan lebih dalam dari kebanyakan berlian super dalam."

"Bridgmanite tidak ada di mantel atas, atau di permukaan."

"Apa yang sebenarnya kita lihat pada berlian ketika mereka mencapai permukaan bukanlah bridgmanite, tetapi mineral yang tersisa ketika rusak saat tekanan berkurang."

"Menemukan mineral ini terperangkap dalam berlian berarti berlian itu sendiri harus mengkristal pada kedalaman di mana bridgmanite ada, sangat dalam di Bumi".

Baca Juga: Terkuak Kebohongan Jennifer Dunn! Rumah Mewah Seharga Rp42 Miliar yang Dipamerkan Istri Faisal Harris Masih Bebas Penghuni

Berlian Cullinan dibawa di bawah pengawalan polisi yang ketat ke Sandringham, dan secara resmi diperlihatkan pada ulang tahun Raja Edward VII yang ke-66.

Mirror

Berlian Cullinan dalam bentuk kristal kasar.

Pemotong berlian terkemuka di dunia pada hari itu cukup rumit.

Baca Juga: Jauh dari Gosip, Mbah Mijan Singgung Soal Perceraian Nia Ramadhani dengan Ardi Bakrie, Kok Bisa?

Butuh waktu empat hari untuk menyiapkan alur untuk pisau pembelah, dan pukulan pertama bahkan mematahkan mata pisau.

Cullinan adalah berlian terbesar yang pernah ditemukan berdasarkan ukuran, lebih besar daripada berlian Sergio hitam yang ditemukan di Brasil.

Beratnya 3.167 karat dan ada beberapa peneliti yang percaya bahwa berlin ini merupakan berlian yang berasal dari luar angkasa yang dibawa oleh meteor kuno.

Artikel ini telah tayang di Suar.ID dengan judul Sangat Langka, Inilah Asal Usul Berlian Cullinan yang Diletakkan di Mahkota Kerajaan Inggris, Apa Istimewanya?

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Suar.id

Baca Lainnya