Peneliti Ungkap Hasil Mengerikan Soal Pasien Covid-19 Asal Asia Selatan yang Meninggal di Rumah Sakit karena Hal Ini

Sabtu, 20 Juni 2020 | 14:00
dailymail

[Ilustrasi] tenaga medis tengah merawat pasien Covid-19

GridHype.ID - Melansir dari BBC News, sebuah penelitian di Inggris menunjukkan hasil yang mengerikan terkait pasien positif Covid-19 dari etnis Asia Selatan.

Bagaimana tidak, etnis Asia Selatan adalah satu-satunya kelompok etnis yang memiliki kemungkinan meninggal di rumah sakit karena komorbid diabetes.

Penelitian ini termasuk signifikan, mengingat penelitian didapat dari 4 dari 10 rumah sakit rujukan Covid-19.

Penelitian sebut apa yang terjadi ketika seseorang masuk ke rumah sakit, entah mereka terkena virus atau tidak.

Baca Juga: Mulutmu Harimaumu, Ucapan Raffi Ahmad Bikin Ari Lasso Kesal hingga Lontarkan Kalimat Pedas: Lu Pikir Gue Ini Nganggur ya?

Itu terlihat pada hampir 35.000 pasien Covid-19 di 260 rumah sakit di Inggris, Skotlandia dan Wales hingga pertengahan Mei.

"Orang-orang Asia Selatan jelas lebih mungkin meninggal akibat Covid-19 di rumah sakit, tetapi kami tidak melihat efek kuat pada kelompok kulit hitam," kata Prof Ewen Harrison, dari University of Edinburgh, kepada BBC.

Orang-orang dari latar belakang Asia Selatan 20% lebih mungkin meninggal daripada orang kulit putih. Kelompok etnis minoritas lainnya tidak memiliki angka kematian yang lebih tinggi.

Studi ini, yang terbesar dari jenisnya di dunia, menunjukkan:

Baca Juga: Kulit Kering dan Merasa Sensitif Terhadap Dingin Ternyata Satu dari 8 Gejala yang Kamu Rasakan Jika Tubuh Kekurangan Yodium

290 meninggal dari setiap 1.000 orang kulit putih yang membutuhkan perawatan di rumah sakit untuk Covid-19.

350 meninggal dari setiap 1.000 orang Asia Selatan yang membutuhkan perawatan di rumah sakit untuk Covid-19.

Studi ini juga mengungkapkan perbedaan besar dalam siapa yang membutuhkan perawatan di rumah sakit berdasarkan etnis.

"Populasi Asia Selatan di rumah sakit terlihat sangat berbeda dengan populasi kulit putih," kata Prof Harrison.

Baca Juga: Dicurigai Banyak Pihak Wajahnya Tidak Terbakar Meski Sudah Tersiram Air Keras, Novel Baswedan Buka Suara

Dia menambahkan: "Mereka rata-rata 12 tahun lebih muda, itu perbedaan besar, dan mereka cenderung tidak menderita demensia, obesitas atau penyakit paru-paru, tetapi tingkat diabetes yang sangat tinggi."

Sekitar 40% pasien di Asia Selatan menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2 dibandingkan dengan 25% kelompok kulit putih.

Diabetes memiliki efek ganda yaitu meningkatkan risiko infeksi dan merusak organ tubuh, yang dapat memengaruhi kemampuan untuk bertahan hidup dari infeksi coronavirus.

Ini dianggap sebagai faktor utama dalam meningkatkan angka kematian pada orang-orang dari etnis Asia Selatan, tetapi gambaran lengkapnya belum terungkap.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Ogah Injakkan Kakinya di 5 Negara Ini, Salah Satunya Argentina

Penjelasan lain dapat mencakup kemiskinan atau perbedaan genetik halus yang meningkatkan risiko infeksi serius, kata para peneliti.

Laporan itu mengatakan etnisitas sekarang mungkin perlu dipertimbangkan bersamaan dengan usia dan masalah kesehatan lainnya ketika memutuskan siapa yang mendapat vaksin jika tersedia.

Masalah yang sama muncul dalam memutuskan siapa yang harus dilindungi dan apakah beberapa orang memerlukan perlindungan ekstra di tempat kerja.

"Itu memang memiliki implikasi luas yang sulit untuk dihadapi," kata Prof Harrison kepada BBC.

Baca Juga: Bikin Pilu! Demi Sesuap Nasi Keempat Anak Ini Terpaksa Kerjakan PR Sambil Jualan Mi Kering di Pinggir Jalan

"Haruskah ada kebijakan berbeda untuk perawat garis depan Asia Selatan dengan perawat kulit putih - itu yang benar-benar rumit."

Studi ini menunjukkan semua etnis minoritas lebih mungkin membutuhkan perawatan intensif daripada orang-orang dari latar belakang kulit putih.

Ini mungkin sebagian karena penyakit menjadi lebih parah. Namun, faktor lain adalah orang kulit putih lebih tua dan sakit sehingga ventilasi dalam perawatan intensif mungkin bukan pilihan.

Namun, perbedaannya bukan tentang akses ke layanan kesehatan.

Baca Juga: Berkali-kali Menangis Usai Sang Suami Kedapatan Pakai Ganja, Widi Geram Tiap Kali Dituduh Pura-pura Tak Tahu Perilaku Dwi Sasono: Gue Enggak Pernah Tahu Ganja Kayak Gimana

Laporan tersebut menunjukkan bahwa semua etnis tiba di rumah sakit pada tahap yang sama dari Covid-19 menunjukkan tidak ada penundaan dalam mendapatkan bantuan antar etnis.

Pekerjaan sebelumnya oleh Kesehatan Masyarakat Inggris menunjukkan orang-orang dari peninggalan Bangladesh sekarat dua kali lipat dari jumlah orang kulit putih, sementara kelompok etnis kulit hitam, Asia dan minoritas lainnya memiliki risiko kematian antara 10% dan 50% lebih tinggi.

Meskipun itu tidak memperhitungkan faktor-faktor lain seperti pekerjaan, masalah kesehatan dan obesitas.

Baca Juga: Nasib Malang, Usus Kakek Ini Membusuk Usai Makan Semangka yang Disimpan Dalam Kulkas

Vitamin D dan penyakit jantung?

Sementara itu, penelitian oleh Queen Mary University of London telah menyarankan penyakit jantung dan kadar vitamin D tidak menjelaskan peningkatan risiko coronavirus pada orang kulit hitam, Asia dan etnis minoritas.

Keduanya telah disarankan sebagai penjelasan potensial untuk risiko yang lebih besar pada beberapa kelompok.

Para peneliti menggunakan data dari studi Biobank Inggris.

Ini mengikuti orang-orang sepanjang hidup mereka, termasuk selama pandemi, dan memiliki informasi pribadi dan medis yang terperinci tentang orang yang ikut serta.

Baca Juga: Disebut Jadi Orang Ketiga Rusaknya Rumah Tangga Halimah dan Bambang Trihatmodjo, Mayangsari Harus Telan Pil Pahit Harta Kekayaan Suaminya Jatuh ke Anak Tiri

Itu tidak melihat kematian, melainkan siapa yang dites positif untuk virus di rumah sakit.

Studi mereka, yang diterbitkan dalam Journal of Public Health , menunjukkan berat badan, kemiskinan, dan rumah yang ramai semua berkontribusi pada peluang yang lebih tinggi untuk memiliki virus.

Peneliti Dr Zahra Raisi-Estabragh dan Prof Steffen Petersen mengatakan kepada BBC: "Meskipun beberapa faktor yang kami pelajari tampak penting, tidak ada yang secara memadai menjelaskan perbedaan etnis."

Baca Juga: Mulutmu Harimaumu, Ucapan Raffi Ahmad Bikin Ari Lasso Kesal hingga Lontarkan Kalimat Pedas: Lu Pikir Gue Ini Nganggur ya?

Bahkan setelah memperhitungkannya, orang-orang dari etnis minoritas masih 59% lebih mungkin untuk dites positif daripada mereka yang berlatar belakang putih dan alasannya masih belum diketahui.

Dr Raisi-Estabragh dan Prof Petersen menambahkan: "Ini adalah pertanyaan yang sangat penting dan satu yang perlu kita tangani segera.

"Ada berbagai penjelasan yang mungkin termasuk sosiologis, ekonomi, pekerjaan dan faktor biologis lainnya seperti kerentanan genetik yang berbeda yang perlu dipertimbangkan."

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul Penelitian Suram: Kebanyakan Penduduk Asia Selatan Meninggal Karena Covid-19 di Rumah Sakit, Makanan Sehari-hari Ini Sebabnya

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya