Jangan Gegabah! Niat Hati Ingin Buat Hand Sanitizer dari Alkohol, Pria Ini Buktikan Uji Cobanya Justru Bikin Terbakar

Selasa, 24 Maret 2020 | 15:55

Viral video hand sanitizer diuji bakar

GridHype.ID - Merebaknya virus corona di dunia ini sungguh memprihatinkan.

Apalagibeberapa alat pencegahan dari virus ini seperti masker dan hand sanitizer diburu orang.

Hal inilah yang menyebabkan kedua barang tersebut menjadi sangat mahal karenaketersediaannya yang terbatas di pasaran.

Baca Juga: Stop Panic Buying, Yuk Pintar Atur Uang dengan Tidak Membeli 4 Barang Ini

Hand sanitizer merupakan alternatif lain yang bisa kita gunakan agar tangan jadi bersih dan terbebas dari penyebaran virus corona (Covid-19).

Salah satu kandungan hand sanitizer yang efektif bunuh kuman, bakteri, dan virus adalah alkohol.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan dengan alkohol setidaknya 60% dapat membantu kita menghindari sakit dan menyebarkan kuman ke orang lain.

Baca Juga: Kabar Bahagia! Akibat Wabah Virus Corona Merebak, Presiden Umumkan Akan Tangguhkan 1 Tahun Kredit Kendaraan

Meski begitu, tak dipungkiri ternyata hand sanitizer dengan kandungan alkohol berbahaya apabila terkena api.

Seperti pada video beredar belakangan ini, yang mana terdapat seorang pria tengah melakukan uji coba hand sanitizer dengan kandungan alkohol 40% ke sumber api.

Awalnya, pria pada video berdurasi 1:47 itu, menjelaskan bahwa ia mendapati berita yang menyebutkan terdapat seorang wanita yang menggunakan hand sanitizer, lalu dengan tidak sengaja wanita tersebut menggunakan kompor sehingga menyebabkan luka bakar hebat di kedua tangannya.

Baca Juga: Hoax! Bukan Lepas 800 Singa dan Harimau, Ternyata Ini Resep Jitu Vladimir Putin Amankan Rusia dari Wabah Virus Corona

"Ada berita seorang ibu habis membilas tangannya dengan hand sanitizer, tidak sadar langsung menyalakan kompor, dan yang terjadi kedua tangannya terbakar hebat."

Oleh sebab itu, pria dalam video membuktikan kebenaran hand sanitizer dengan kandungan alkohol berbahaya bagi api dengan melakukan uji coba.

"Sekarang kita buktikan, apa betul hand sanitizer ini sangat berbahaya bagi api"

Pertama, pria tersebut mengeluarkan cairan hand sanitizer ke dalam wadah dan mengoleskannya pada lidi.

Baca Juga: Bernyali Besar! Perempuan Ini Rela Jadi 'Kelinci Percobaan' untuk Uji Coba Vaksin Corona Pertama untuk Manusia, Tak Disangka Latar Belakangnya Bukan Orang Sembarangan!

Kemudian, ia membakar lidi tersebut dan lidi ditemukan terbakar dalam durasi yang singkat.

Ketika ia meletakan api di dalam wadah berisikan hand sanitizer, secara langsung api menyala dengan cukup besar.

"Karena di dalam hand sanitizer ini ada alkohol kandungan 70%, sedangkan 40% saja dinyalakan sudah menyala, apalagi 70%,"

Sebagai penutup, pria tersebut menyarankan kita untuk hati-hati apabila menggunakan hand sanitizer dengan tidak mendekati sumber api sebelum tangan kering sempurna.

Baca Juga: Bertahan di Udara Selama 3 Jam, Sang Pakar Luruskan Penyebaran Virus Corona Melalui Media Ini

"Jadi hati-hati ya, habis membilas tangan (menggunakan hand sanitizer) jangan nyalakan rokok, atau menyalakan kompor, intinya jangan dekat-dekat sumber api sebelum tangan kita kering betul." tutupnya.

Dalam hal ini, Tim Keselamatan Kebakaran telah melakukan test skala kecil di William J. Hughes Techical Center, untuk mengetahui karakteristik hand santizer berbasis alkohol, dan hasil menunjukkan bahwa hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60% terbukti mudah terbakar.

Tak hanya itu, melansir safety.lovetoknow.com, hand sanitizer juga berpotensi menimbulkan risiko keracunan alkohol, terutama bagi anak-anak.

Baca Juga: Kasus Virus Corona Bertambah, Penjualan Parfum di Turki Ikut Meningkat! Ternyata Ini Alasannya

Menurut Dr. Sanjay Gupta, ahli bedah saraf, botol pembersih tangan dua ons mengandung 62 persen etil alkohol, atau setara dengan empat suntikan vodka.

Pada konsentrasi itu, bahkan dosis kecil bisa berbahaya jika tertelan, menyebabkan pusing, bicara tidak jelas, sakit kepala, dan bahkan kerusakan otak atau kematian dalam kasus-kasus ekstrem.

Oleh sebab itu, meski menggunakan hand sanitizer untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), tetapi kita juga harus waspada dan berhati-hati lagi, sebab kita tidak tahu kapan dan dimana marabahaya bisa terjadi.

Baca Juga: Ngeri! Alasan Ekonomi Pria Ini Tega Jual Istrinya Seharga Rp1,5 - 6 Juta Via Twitter Sampai Digauli Dua Orang Sekaligus

Artikel ini telah tayang Hati-Hati Gunakan Cairan Pembersih Tangan, Pria Ini Uji Coba Hand Sanitizer dengan Api Nyatanya Terbakar

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : GridHealth.ID