Seorang Ahli Asal China Beberkan Rahasia agar Covid-19 Hilang Tak Tersisa, Bagaimana Caranya?

Senin, 23 Maret 2020 | 14:10
Kompas.com | Imam Rosidin

Tim medis RSUP Sanglah dalam simulasi penanganan pasien terjangkit virus corona di Ruang Isolasi Nusa Indah, Rabu (12/2/2020).

GridHype.ID - Merebaknya virus corona di seluruh penjuru dunia masih menjadi momok bagi kita semua.

Penyebaran virus corona Covid-19 begitu cepat dan bisa menginfeksi siapa saja.

Segala pencegahan penyebaran virus ini terus dilakukan pemerintah dan diri kita sendiri.

Baca Juga: Indonesia Semakin Memprihatinkan, Begini Nasihat Penduduk Wuhan China Hadapi Virus Corona : Lakukan Isolasi Diri, Rajin Cuci Tangan

Baru-baru ini seorang ahli China beberkan rahasia virus corona bisa hilang hingga tak tersisa.

Virus corona yang kian mewabah dan menjadi pandemi memang menjadi permasalahan terutama Indonesia yang kini sudah ikut positif virus tersebut.

Bak angin segar, seorang ahli China beberkan rahasia virus corona bisa hilang hingga tak tersisa. Apa itu?

Baca Juga: Pandemi Virus Corona Bak Siklus Tahunan yang Berulang, Sejarah Mencatat Jika 100 Tahun Sekali akan Muncul Wabah di Tahun dengan Akhiran Angka 20, Benarkah?

Dilansir dari Gridhealth.id, beberapa waktu lalu seorang ahli mengatakan bahwa wabah virus corona di China bisa berakhir pada bulan Juni ini.

Pasalnya, hingga kini wabah virus corona sudah melewati masa puncaknya dan kasus virus corona di Hubei, tempat virus tersebut pertama kali muncul semakin menurun.

"Secara umum, puncak epidemi telah berlalu untuk China," kata Mi Feng, juru bicara Komisi Kesehatan Nasional.

Baca Juga: Jadi Momok Ancaman Mematikan di Tahun 2020, Virus Corona Ternyata Bisa Hancur Hanya dengan Benda Ini

"Peningkatan kasus baru sedang menurun," lanjutnya.

Di sisi lain penasihat medis senior pemerintah China, Zhong Nanshan mengatakan bahwa selama negara-negara menanggapi wabah dengan serius.

Dan kini mereka siap untuk mengambil tindakan tegas, itu bisa meluas ke seluruh dunia dalam hitungan bulan.

Baca Juga: Sempat Buat Publik Berbahagia, Nyatanya Obat yang Dirasa Ampuh untuk Tangkal Infeksi Corona Ini Justru Berbahaya jika Dikonsumsi Sembarangan, Berikut Penjelasannya!

Oleh karenanya, ahli China tersebut mengungkap rahasia agar virus corona ini bisa hilang tak tersisa pada bulan Juni.

"Saran saya menyerukan semua negara untuk mengikuti instruksi WHO dan melakukan intervensi pada skala nasional," katanya.

"Jika semua negara bisa dimobilisasi, virus corona bisa berakhir pada Juni."

Baca Juga: 48 Pasien Corona Meninggal Dunia, Begini Tata Cara Pengurusan Jenazah Korban Menurut Kemenag

Zhong, seorang ahli epidemiologi berusia 83 tahun yang terkenal karena membantu memerangi wabah SARS pada 2003 itu, mengatakan virus dalam keluarga yang sama biasanya menjadi kurang aktif di bulan-bulan hangat, yang dapat membantu memperlambat penyebaran.

"Perkiraan saya bulan Juni didasarkan pada skenario bahwa semua negara mengambil tindakan positif. Tetapi jika beberapa negara tidak melakukan ini, virus akan bertahan lebih lama."

Dengan pelambatan yang ditandai dari penyebaran virus di China, banyak bisnis yang mulai kembali dijalankan dengan hati-hati.

Baca Juga: Undangan Telah Disebar Acara Tak Mungkin Bubar, Pasangan Pengantin asal Malaysia Ini Gelar Pernikahan A la Drive Thru Lantaran Wabah Virus Corona yang Mengancam Negaranya

Provinsi Hubei mengumumkan pada hari Kamis pelonggaran lebih lanjut dari pembatasan perjalanan, dan juga akan memungkinkan beberapa industri untuk melanjutkan produksi di dua kota dan dua kabupaten.

Ekonomi Hubei, didorong oleh manufaktur dan perdagangan, termasuk sektor otomotif yang cukup besar di ibukota provinsi, Wuhan, sebelumnya sudah tutup sejak 23 Januari.

Sementara virus ini menyebar dengan cepat secara global, kemajuannya di China telah melambat dalam tujuh hari terakhir.

Baca Juga: Jaga Kebersihan Diri Guna Cegah Corona dengan Bersihkan Ponsel Secara Rutin, Begini Caranya

Surat kabar Partai Komunis yang berkuasa, People's Daily, memperingatkan dalam sebuah tajuk rencana bahwa sementara jumlah kasus virus baru di China turun, kondisinya masih sulit dan ada risiko lebih banyak wabah diimpor dari luar China.

Artikel ini telah tayang di GridHits.id dengan judul Bak Angin Segar, Seorang Ahli China Beberkan Rahasia Virus Corona Bisa Hilang hingga Tak Tersisa, Apa Itu?(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : GridHITS

Baca Lainnya