Indonesia Semakin Memprihatinkan, Begini Nasihat Penduduk Wuhan China Hadapi Virus Corona : Lakukan Isolasi Diri, Rajin Cuci Tangan

Senin, 23 Maret 2020 | 13:15
GridHealth.ID

Viral chatting antara WNA dengan penduduk China di sosial media instagram

GridHype.ID- Virus Corona sudah menjadi pandemi global.

Semakin hari semakin mengkhawatirkan saja penyebaran virus corona ini.

Virus Corona atau Covid-19 ini pertama ditemukan di Kota Wuhan, China.

Sampai dengan hari ini (20/3/20), tepatnya pukul 03:38 GMT, data worldometers mencatat bahwa terdapat sebanyak 80,967 kasus terkait Covid-19 di China.

Baca Juga: Tengah Asyik Plesiran ke Eropa di Tengah Wabah Virus Corona, Krisdayanti Kena Semprot Mantan Wakil Gubernur Jakarta: Pasti Kita Beri Peringatan!

Meski begitu, sejak pertengahan Januari, China telah mengambil tindakan penahanan penyebaran virus corona dengan mengisolasi kota Wuhan dan 15 kota lainnya di provinsi Hubei.

Melansir Nature, sekitar 760 juta orang dikurung di rumah masing-masing atau hampir setengah dari populasi China.

Sejak diberlakukannya lockdown, jumlah kasus di China menurun dari ribuan menjadi hanya puluhan per harinya.

Di sosial media Instagram pada Rabu (18/3/20) kemarin, beredar tips yang dilakukan penduduk China mengenai isolasi diri terkait tindakan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

Baca Juga: Jadi Momok Ancaman Mematikan di Tahun 2020, Virus Corona Ternyata Bisa Hancur Hanya dengan Benda Ini

Oleh seorang pemilik akun @chen_minzi, ia mendapatkan tips ini dari seniornya sewaktu mereka menjadi Mahasiswi S2 di Wuhan University, Wuhan, Tiongkok.

Menurut pemaparannya, senior yang kini berada di Wuhan sudah melakukan isolasi diri sejak beberapa hari sebelum Wuhan secara resmi melakukan lockdown.

Dan sampai saat ini, seniornya telah melakukan isolasi diri selama dua bulan lamanya.

Melalui fitur chatting via telepon genggam, pemilik akun Instagram @chen_mizi yang bernama MincheChen dan seniornya (penduduk China) melakukan obrolan dengan bahasa China.

Baca Juga: Pandemi Virus Corona Bak Siklus Tahunan yang Berulang, Sejarah Mencatat Jika 100 Tahun Sekali akan Muncul Wabah di Tahun dengan Akhiran Angka 20, Benarkah?

Di dalam pesan tersebut, penduduk China menyarankan untuk melakukan tindakan pencegahan dengan melarang keluarga agar tidak berpergian dan melakukan isolasi diri di rumah.

GridHealth
GridHealth

chatting WNI dengan penduduk china di Wuhan.

Penduduk asal China tersebut juga menyarankan untuk selalu menyediakan masker, dan tidak mengonsumsi makanan mentah.

Baca Juga: Sempat Buat Publik Berbahagia, Nyatanya Obat yang Dirasa Ampuh untuk Tangkal Infeksi Corona Ini Justru Berbahaya jika Dikonsumsi Sembarangan, Berikut Penjelasannya!

Selain itu, kita juga disarankan untuk menutup kloset sebelum mengguyur atau menekan flush pada kloset, lalu rajin mencuci tangan.

Jika berpergian sebaiknya gunakan masker, topi, dan sarung tangan, karena menurutnya, rambut dan bulu-bulu pada tubuh sangat mudah dihinggapi oleh virus.

Setelah kembali dari luar rumah, ia juga menyarankan untuk segera melakukan tindakan pembersihan diri.

GridHealth
GridHealth

chatting WNI dengan penduduk china

Baca Juga: Cegah Penularan Virus Corona, Resepsi Pernikahan di Kabupaten Banyumas Terpaksa Dihentikan Polisi

Lebih lanjut, penduduk China tersebut juga menyebutkan bahwa wabah virus corona (Covid-19) bisa menyebabkan paru-paru jadi rusak.

GridHealth
GridHealth

Chatting WNI dengan penduduk china.

GridHealth
GridHealth

Chatting WNI dengan penduduk China.

Baca Juga: 5 Cara ini Bisa Kamu Lakukan Agar Rumah Terbebas dari Virus Corona, Salah Satunya Membuka Tirai Agar Sinar Matahari Masuk

Oleh karenanya, penduduk China tersebut berharap agar kita meningkatkan kewaspadaan, melakukan tindakan pencegahan semaksimal mungkin, dan jangan menganggap remeh virus corona (Covid-19).

Dan yang terpenting ia juga berpesan untuk selalu mengigatkan dan menjaga keluarga di rumah agar tetap aman.

Artikel ini telah tayang di GridHealth.ID dengan judul Beredar Tips Hadapi Corona Dari Penduduk Asal China di Instagram.

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : Grid Health

Baca Lainnya