Ngeri! Lewat Kawin Inses Kisah Sawney Bean Lahirkan Generasi Kanibal

Senin, 10 Februari 2020 | 11:15
bbc.com

Edinburgh Dungeons menjadikan legenda Sawney Bean untuk menakut-nakutin turis.

GridHype.ID - Jika mengingat tentang kanibal, kita selalu ingat sosok Sumanto.

Indonesia pernah dibuat geger dengan sosokpria yang memakan daging manusia tersebut.

Mendengar sosok Sumanto yang memakan mayat manusia pada 2003 silam ternyata tidak ada apa-apanya dengan apa yang terjadi pada dunia di abad pertengahan.

Baca Juga: Bukan Kelelawar, Ternyata Hewan Ini yang Berpotensi Jadi Perantara Virus Corona

Bahkan, lima film blockbuster Hollywood yang mengerikan telah dengan sempurna menampilkan karakter yang dikenal sebagai Hannibal Lecter, atau dikenal dengan julukan "Hannibal the Cannibal".

Namun, jikakamu pernah membaca kisah tentang seorang bernama Sawney Bean, maka julukan bagi Hannibal di atas akan terasa berlebihan.

Sebenarnya hanya sedikit orang yang mengetahui pasti kehidupan awal dari Sawney Bean selain dia lahir di East Lothian di akhir abad ke-15 dan merupakan seorang penyamak.

Baca Juga: Mengaku Tak Tahu Menahu Soal Kronologi Putrinya Meninggal, Arya Satria Sempat Tutupi Kematian Zefania Carina dari Keluarga Karen Pooroe, Kenapa?

Tapi jika sudah membahas sebagian besar masa-masa terakhir hidupnya, hampir seluruh orang di Skotlandia dipastikan mengetahuinya.

Tuan dan Nyonya Sawney Bean yang baru menikah mendirikan rumah di Gua Bennane, oleh Ballantrae di Ayrshire, Skotlandia.

Gua Bennane adalah tempat tinggal yang mengesankan, dengan terowongan menembus batu padat dan memanjang lebih dari satu mil panjangnya.

Selain itu, akomodasi ini menampilkan banyak lorong samping tempat pasangan muda tersebut dapat memperluas dan mengubahnya menjadi rumah yang nyaman selama 25 tahun ke depan, untuk mengakomodasi keluarga mereka yang berkembang.

Baca Juga: Picu Depresi hingga Kanker, Berikut 8 Penyakit Akibat Konsumsi Junk Food Berlebih

Pintu masuk gua dibanjiri beberapa ratus meter, dua kali sehari saat air pasang, sebuah fitur pengecualian konsep yang bagus!

Karena tidak memiliki hal untuk dijual, Sawney berencana untuk memenuhi kebutuhan istri barunya dengan hasil perampokan.

Dia menyergap para pelancong di jalan-jalan sempit yang sunyi yang menghubungkan desa-desa di daerah itu.

Kemudian dia sadar bahwa untuk membantu memastikan bahwa dia tidak akan pernah bisa diidentifikasi karena kejahatannya, dia harus membunuh para korbannya.

Untuk menghindari kunjungan yang tidak perlu ke toko-toko untuk memenuhi kebutuhan sekaligus pada saat yang sama membuang bukti.

Ia datang pada ide cemerlang dari membantai mayat-mayat untuk menjadikannya santapan dengan untuk dirinya dan istrinya.

Baca Juga: Tak Ada Warga yang Menolong Meski Telah Merintih Kesakitan, Gadis Ini Meregang Nyawa Lantaran Kehabisan Darah di Polewali Mandar

bbc.com
bbc.com

Ilustrasi sosok Sawney Bean berdiri di depan gua tempat tinggalnya.

Makanan berprotein tinggi tampaknya efektif karena Ny. Bean ternyata berhasil melahirkan 14 bayi kecil yang semuanya memiliki nafsu yang sama-sama mengerikan, yaitu menyantap daging manusia.

Melalui perkawinan inses, keluarga ini semakin hari semakin banyakmenambah kebutuhan mereka akan daging manusia.

Lebih dari dua dekade hidup di gua, keluarga ini semakin mengasah kemampuan mereka untuk membunuh manusia, serta tentu saja cara mengolah potongan tubuh termasuk cara mengawetkannya.

Di kemudian hari, potongan-potongan tubuh yang sudah diawetkan tersebut ditemukan hanyut dan menepi di beberapa pantai di dekat gua tersebut.

Baca Juga: Gara-gara Utang, Berikut Fakta Tentara Thailand yang Menembak 26 orang

Pada saat itu, hampir semua pihak berwenang merasa sangat kebingungan untuk menemukan jumlah orang hilang yang terus bertambah banyak dari tahun ke tahun, tanpa sedikit pun berpikir untuk melihat ke dalam Gua Bennane.

Seiring berlalunya waktu, keluarga semakin bertambah dan berkat diet protein tinggi, semakin besar. Dan seiring keluarga tumbuh, selera makan mereka juga meningkat.

Sebanyak setengah lusin korban akan disergap dan dibunuh pada suatu waktu dalam operasi gaya militer oleh tentara Sawney Bean. Mayat dibawa kembali ke gua untuk dipersiapkan dengan hati-hati untuk ditempatkan di lemari makan oleh kaum wanita.

Baca Juga: Marshanda Kirim Pesan Menyentuh untuk Putri Karen Pooroe

Namun, gaya militer dan penuh persiapan mereka yang sudah berlangsung selama dua dekade pada akhirnya mengalami suatu kesalahan fatal.

Itu terjadi suatu malam, ketika mereka menyerang seorang pria dan istrinya ketika mereka pulang dari pasar malam yang berdekatan.

Satu kelompok menarik wanita-wanita itu dari kudanya, lalu menelanjangi sebelum kelompok lain sempat menggulingkan sang pria ke tanah.

Menyadari nasib yang akan menimpanya, ia berjuang mati-matian untuk melarikan diri dengan melawan menggunakan kudanya. Secara kebetulan, saat itu ada belasan orang yang melintas.

Baca Juga: Siapa Sangka Mangga Bisa Turunkan Berat Badan tapi Jangan Sampai Salah Langkah!

Pertempuran singkat nan sengit ternjadi dengan pasukan Sawney Bean untuk pertama kalinya kalah dan meninggalkan bukti-bukti yang menyudutkan mereka: mayat seorang wanita yang termutilasi, sejumlah saksi, serta tentu saja seorang suami yang dipenuhi amarah.

Tak lama kemudian, Hakim Kepala Glasgow menerima laporan dari aksi penyerangan tersebut lalu kemudian mencocokan dengan daftar orang hilang yang selama ini seolah tak akan pernah bisa dia ungkapkan.

Raja James I segera tiba di Ayrshire dengan pasukan kecil yang terdiri dari empat ratus orang dan sekawanan anjing pelacak, dan bersama-sama dengan sekelompok sukarelawan setempat, meluncurkan salah satu perburuan terbesar yang pernah terjadi di negara ini.

Baca Juga: Bahas Perseteruan dengan Deddy Corbuzier, Uya Kuya Ungkap Putrinya Cinta Kuya Kesal

Seperti sebelumnya, pencarian diperluas melalui pedesaan dan garis pantai Ayrshire dan seperti sebelumnya, tidak ada yang ditemukan, sampai kamudian anjing menemukan aroma daging manusia yang membusuk saat melewati sebagian gua yang tergenang air. Perburuan itu mendekat!

Dengan cahaya obor, pasukan memasuki gua Bennane dan dengan pedang terhunus, mereka berjalan menyusuri jalan setapak sepanjang satu mil ke bagian dalam sarang keluarga Sawney Bean.

Tidak ada yang bisa mempersiapkan mereka untuk pemandangan yang mereka saksikan hari itu. Dinding gua yang lembab dipenuhi dengan deretan anggota tubuh dan tubuh manusia, seperti daging yang tergantung di toko daging.

Baca Juga: Terkejut Seserahan dari Caesar Hito Saat Lamaran, Felicya Angelista: Buset Rp500 M?

Area-area lain di gua itu menyimpan setumpuk pakaian, tumpukan jam tangan dan cincin, dan tumpukan tulang yang dibuang dari pesta-pesta sebelumnya.

Setelah perkelahian singkat, seluruh keluarga Sawney Bean, semuanya 48 orang, ditangkap dan dibawa ke Edinburgh oleh Raja sendiri.

Kejahatan mereka dianggap sangat kejam sehingga sistem peradilan normal yang sangat terkenal di Skotlandia dijatuhkan kepada seluruh keluarga, yaitu hukuman mati.

Keesokan harinya, dua puluh tujuh pria dari keluarga itu mengalami nasib yang sama dengan nasib banyak korban mereka, dengan memotong kaki dan tangan mereka dan dibiarkan perlahan mati kehabisan darah, diawasi oleh para wanita mereka. Dua puluh satu wanita dibakar seperti penyihir dalam api besar.

Baca Juga: Terkejut Seserahan dari Caesar Hito Saat Lamaran, Felicya Angelista: Buset Rp500 M?

Harap dicatat bahwa meskipun kisah Sawney Bean dan keluarganya yang terkenal dicatat dalam beberapa publikasi penting, dokumentasi faktual masih kurang untuk memvalidasi peristiwa tersebut.

Artikel ini telah tayang di intisari dengan judul Bingung Penuhi Urusan Perut Puluhan Anak-Cucunya yang Terlahir dari Hubungan Inses, Sawney Bean Menjelma Jadi Kanibal Terbesar Sepanjang Sejarah, Gua Tempat Tinggal Mereka Penuh Potongan Tubuh.

(*)

Editor : Nailul Iffah

Sumber : intisari

Baca Lainnya