Follow Us

Soroti Kasus Gagal Ginjal Akut Misterius, Komisi IX DPR RI Ungkap Pentingnya Layanan Pengaduan dan Pelaporan

Puspita Rahayu - Kamis, 27 Oktober 2022 | 18:15
Ilustrasi gagal ginjal akut pada anak
SHUTTERSTOCK/sumroeng chinnapan

Ilustrasi gagal ginjal akut pada anak

Gridhype.id- Merebaknya kasus gagal ginjal akut misterius yang diderita ratusan anak di Indonesia kian menyita perhatian publik.

Berkaitan dengan hal tersebut, anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKS Kurniasih Mufidayati meminta agar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperbaiki layanan pengaduan dan pelaporan untuk kasus gagal ginjal akut misterius.

Layanan pengaduan dinilai sangat penting guna mengantisipasi meluasnya kasus gagal ginjal akut misterius pada anak.

Hal tersebut bisa menjadi langkah lanjutan dari upaya Kemenkes usai menerbitkan imbauan larangan konsumsi sejumlah obat sirup.

Pengaduan dan pelaporan ini seharusnya bisa disosialisasikan secara lebih luas dan dibuat sedemikian rupa agar masyarakat bisa memberi laporan dengan cepat.

Dengan demikian diharapkan agar ada peningkatan terhadap upaya penanganan yang tepat.

Bukan hanya itu, masyarakat yang melapor ke fasilitas kesehatan juga bisa langsung terekam datanya untuk masuk ke hotline terpusat.

Sistem pelaporan ini harus dibuat proaktif, jangan sampai pasien sudah datang dalam kondisi yang parah. Proses harus dipercepat sehingga penanganan bisa lebih cepat dan tidak ada kasus yang tidak terlapor," kata Kurniasih dilansir dari kompas.con.

Disamping pengadaan layangan pengaduan dan pelaporan, penting juga dilaksanakan mitigasi lain berupa persiapan RS Tipe A dan B untuk menerima pasien.

Adapun tipe C dapat disiapkan untuk menangani pasien dengan gejala gangguan ginjal akut misterius sebagai pemeriksaan awal maupun lanjutan.

Kelengkapan fasilitas rumah sakit juga menjadi sorotan bagi Kurniasih, ia menegaskan bahwa hal tersebut perlu ditingkatkan lagi.

"Karena alatnya khusus, tenaga medisnya juga khusus sehingga perlu dipastikan pengaturan SDM sebagaimana pada saat penanganan Covid-19. Ini perlu koordinasi lintas rumah sakit yang difasilitasi pemerintah pusat maupun daerah," ujar Kurniasih.

Source : Tribunnews.com, Kompas.com

Editor : Hype

Baca Lainnya

Latest