Follow Us

Bakal Jadi Geopark Tingkat Dunia, Begini Potensi Alam Dataran Tinggi Dieng yang Tak Bisa Dipandang Sebelah Mata

Puspita Rahayu - Sabtu, 08 Oktober 2022 | 08:30
Pesona alam dataran tinggi dieng
Andri Hermawan/unsplash

Pesona alam dataran tinggi dieng

Gridhype.id- Memiliki keindahan alam yang menarik dan sarat akan sejarah, Dataran Tinggi Dieng berpotensi dijadikan Geopark tingkat dunia.

Terletak di ketinggian 1.250―2.250 mdpl, Dataran Tinggi Dieng memiliki topografi unik yang mumpuni untuk diangkat sebagai Geopark tingkat dunia.

Sejak tahun 2015, inisiasi pengusulan Dataran Tinggi Dieng sebagai Geopark tingkat dunia telah dilakukan dan masih terus mengalami perkembangan.

Dataran Tinggi Dieng yang berada di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara ini nyatanya selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Tak berhenti di sana, upaya pengusulan Dataran Tinggi Dieng sebagai Geopark tingkat dunia juga berkaitan dengan keberadaan 10 destinasi wisata di wilayah Wonosobo yang begitu apik.

Beriringan dengan hal itu, terdapat pula 13 lokasi di Kabupaten Banjarnegara yang sangat mendukung keindahan alam Dataran Tinggi Dieng.

Berdasarkan laman jatengprov.go.id, sepuluh lokasi tersebut adalah Telaga Menjer, Kompleks Telaga Warna, Telaga Cebong, Bukit Sikunir, Gunung Api Pakuwaja, Bukit Prambanan, Gunung Seroja, Gunung Bisma, Bukit Sidede, dan Tuk Bimo Lukar.

Guna mewujudkan Dataran Tinggi Dieng sebagai Geopark tingkat dunia, Afif Nurhidayat selaku Bupati Wonosobo menyoroti pentingnya sinergi antara masyarakat dengan kesadaran pelestarian alam.

“Saya harap pembangunan Geopark Dieng ini menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian alam, serta memperkuat rasa cinta tanah air,” ujarnya.

Hingga tahun ini, rencana pengusulan Dataran Tinggi Dieng sebagai Geopark tingkat dunia berfokus pada penetapan warisan geologi, penyusunan rencana induk pengembangan geopark, dan pembentukan badan pengelola geopark.

Adapun masyarakat dianggap sebagai aktor utama dalam upaya pelestarian dan pengembangan ekonomi kawasan Geopark.

Source : Tribunnews.com, jatengprov.go.id

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest