Follow Us

Aneka Tips Hari Ini, Masyarakat Indonesia Wajib Tahu, Kerap Disepelekan Begini Cara Membersihkan Bak Cuci Piring Stainless Steel Berkarat

Ruhil Yumna - Jumat, 16 September 2022 | 09:22
Ilustrasi bak cuci piring
Brett_Hondow/pixabay

Ilustrasi bak cuci piring

GridHype.ID - Meski dipercaya bebas dari karat, namun ada saja di beberapa bagian bak cuci piring stainless steel berkarat.

Ya, meski bak cuci piring stainless steel yang dirawat dengan baik tidak mungkin berkarat, namun yang namanya benda logam basah pasti meninggalkan noda.

Umumnya noda yang ditinggalkan bisa dengan mudah dihilangkan.

Penyebab bak cuci piring stainless steel berkarat

Dikutip dari Hunker, Kamis (15/9/2022), untuk bak cuci piring stainless steel dalam kondisi yang cukup baik, noda karat yang ditemukan di dalam atau di bak cuci piring biasanya berasal dari benda logam lainnya.

Peralatan masak dari besi dan kaleng makanan yang tertinggal di bak cuci piring adalah dua penyebab utama yang dapat menyebabkan bintik-bintik karat muncul di bak cuci piring stainless steel

Masalah lain terjadi ketika bak cuci piring itu sendiri rusak.

Baja dapat berkarat, tetapi stainless steel mengandung kromium sebagai salah satu komponennya, dan ini membantu mencegah berkembangnya karat.

Ketika oksigen mencapai kromium, reaksi terjadi, menciptakan lapisan pasif pelindung kromium oksida di seluruh area permukaan baja tahan karat.

Bahan kimia keras seperti amonia dapat merusak lapisan pelindung itu, yang menyebabkan karat jika tidak diperbaiki.

Namun, kromium oksida memperbaiki diri sendiri, jadi cukup mencuci bak cuci piring dengan sabun cuci piring ringan dan air biasanya cukup untuk menghilangkan bahan kimia yang bermasalah.

Source : kompas, Hunker

Editor : Hype

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular