Follow Us

Aneka Tips Kesehatan, Cincau Tak Hanya Jadi Campuran Es Pelepas Dahaga, Siapa Sangka Kandungannya Ampuh Rontokkan Beragam Masalah Kesehatan di Dalam Tubuh

Puspita Rahayu - Selasa, 06 September 2022 | 08:00
cincau
Freepik

cincau

Gridhype.id- Aneka Tips Kesehatan. Cincau merupakan salah satu bahan pangan yang kerap diolah menjadi campuran minuman segar.

Memiliki rasa yang lezat, menambahkan cincau pada es merupakan salah satu cara melepas dahaga dengan cara yang menyenangkan.

Pada dasarnya, cincau merupakan makanan yang dibuat dari sari tanaman.

Dilansir dari laman hellosehat.com, sari tanaman tersebut nantinya dibentuk dalam bentuk jelly atau agar-agar.

Adapun cincau yang kita temui sehari-hari terbagi atas dua jenis yaitu, cincau hijau dan cincau hitam.

Proses pembuatan cincau tergolong sulit karena perlu melalui proses pengeringan dahulu sebelum direbus menggunakan air yang mengandung kalium karbonat.

Namun siapa sangka, dibalik kesulitan tersebut ada manfaat luar biasa yang bisa dirasakan apabila rutin mengonsumsi cincau.

Lebih dikenal sebagai makanan lezat, ternyata cincau ampuh untuk mencegah penyakit diabetes atau gula darah.

Cincau memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga ampuh untuk mencegah beragam penyakit termasuk diabetes.

Cincau juga mengandung fenolik dan fitokimia seperti flavonoid dan tanin yang memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Berkaitan dengan lonjakan gula darah yang menjadi penyebab penyakit diabetes, ternyata konsumsi cincau berperan penting untuk menurunkan risikonya.

Source : hellosehat.com, kontan

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest