Follow Us

Aneka Tips Harian, Bumbu Dapur yang Satu Ini Miliki Manfaat Luar Biasa bagi Tanaman, Simak Pengaplikasiannya agar Hasil yang Didapat Maksimal

Ruhil Yumna - Selasa, 23 Agustus 2022 | 12:45
Micin bisa bikin tanaman jadi subur dan cantik
Dok. Shutterstock

Micin bisa bikin tanaman jadi subur dan cantik

GridHype.ID - Saat kita mencari tahu lebih banyak ternyata ada banyak bahan dapur yang ternyata memiliki manfaat besar bagi tanaman.

Salah satu bahan dapur yang ternyata berdampak besar pada tanaman adalah MSG atau yang biasa dikenal sebagai bumbu penyedap makanan.

Usut punya usut MSG bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman lantaran kandungan senyawa yang dimiliki.

Dilansir dari kanal Youtube Alam Organik, yang diperbarui pada Senin (22/8/2022), ada beragam manfaat micin untuk tanaman dan cara pengaplikasiannya.

Berikut penjelasannya.

Kandungan micin

Kandungan senyawa yang ada di dalam micin atau MSG adalah asam glutamat dengan konsentrasi 78 persen, natrium benzoat 12 persen, dan air 10 persen.

Asam glutamat merupakan sejenis asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh yang juga terdapat pada makanan alami lainnya, seperti tomat, susu, keju, dan lain-lain.

Sementara itu, natrium adalah salah satu unsur hara mikro yang sangat dibutuhkan dan besar perannya dalam pertumbuhan tanaman.

Nah, unsur hara natrium inilah yang menjadi titik penting bahwa micin dapat juga digunakan sebagai penyubur pada tanaman.

Manfaat micin untuk tanaman

Ada beberapa manfaat micin untuk tanaman, baik untuk kesehatan tanaman, hingga merangsang pertumbuhan dan pembungaan tanaman. Berikut uraiannya.

Source : kompas, YouTube

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest