Follow Us

Harus Tahu, Inilah Manfaat Bacaan Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil

Dok Grid - Rabu, 04 Oktober 2023 | 17:40
Berdzikir
Pexels/RODNAE Productions

Berdzikir

GridHype.ID - Sebagai umat Muslim, kita dianjurkan untuk rajin berdoa dan berdzikir sebagai bentuk ketaqwaan kepada Allah SWT.

Adapun bacaan dzikir yang kerap diamalkan umat Muslim adalah "Hasbunallah Wanikmal Wakil" atau bacaan panjangnya "Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir."

Bacaan dzikir ini berarti "Cukuplah Allah sebagai penolong kami, dan Allah adalah sebaik-baik pelindung".

Meski bacaan dzikirnya pendek, namun mengandung makna yang sangat luar biasa.

Manfaat Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil

Dihimpun Bangkapos.com dari berbagai sumber, berikut 6 manfaat "Hasbunallah Wanikmal Wakil", simak:

  1. Penetram hati ketika gundah gulana atau gelisah dan diliputi rasa duka.
  2. Penguat saat menghadapi kesulitan dan ancaman serta tantangan.
  3. Membuat jiwa lebih bersabar dalam menghadapi cobaan kerasnya kehidupan.
  4. Membuat kita punya perasaan yang sangat peka terhadap keadaan sekitar sehingga terhindar dari berbagai kemungkinan buruk dan kejahatan yang akan dilakukan orang lain.
  5. Menegaskan semangat tauhid pada diri orang mukmin karena membuat kita ingat bahwa Allah SWT adalah tempat untuk berserah diri.
  6. Bentuk rasa syukur dalam menjalani kehidupan.
Baca Juga: Ini Doa dan Dzikir Untuk Menarik Rezeki, Surat Al-Waqiah dan Asmaul Husna

Dalil dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil

Allah SWT berfirman dalam Quran surat Ali Imran ayat 173 bahwa kalimat zikir Hasbunallah Wanikmal Wakil diucapkan umat Islam tengah dihadapkan dengan kesulitan berupa peperangan.

اَلَّذِيْنَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ اِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوْا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ اِيْمَانًاۖ وَّقَالُوْا حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Artinya: "(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, 'Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,' ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, 'Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.'"

Allah Ta’ala menceritakan mengenai Rasul dan sahabatnya dalam firman-Nya,

الَّذِينَ قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Artinya: “(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan, “Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka”, maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab“. (QS. Ali Imron: 173)

Source : Bangkapos.com

Editor : Hype

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular