Follow Us

Sunnah Dibaca Saat Sholat Subuh, Bacaan Doa Qunut untuk yang Berjamaah dan Sholat Sendiri

Ruhil Yumna - Sabtu, 14 Mei 2022 | 18:15
ilustrasi orang shalat
tribunnews

ilustrasi orang shalat

GridHype.ID - Dalam sholat subuh, biasanya umat muslim merapalkan doa qunut.

Sebagai informasi, membaca Doa Qunut saat Sholat Subuh menurut Madzhab Imam Syafi'i hukumnya Sunnah Ab'ad.

Kesunnahan dalam sholat, yang jika ditinggalkan harus menambahkan Sujud Sahwi sebelum salam.

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh sendiri dan berjamaah memiliki perbedaan.

Doa Qunut saat Sholat Subuh sendiri harus dibaca sendiri secara lengkap.

Sementara jika berjamaah, maka mengamini imam yang membaca Doa Qunut, kemudian melanjutkan Doa Qunut sampai akhir.

Berikut bacaan Doa Qunut lengkap teks Arab, latin dan terjemahan:

Doa qunut sholat sendiri

اَللهُمَّ اهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَاأَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ، فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَيُقْضَى عَلَيْكَ، فَاِنَّهُ لاَيَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلاَيَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَاقَضَيْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ اِلَيْكَ، وَصَلَّى اللهَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارَكَ وَسَلَّمَ

(Allaahumahdinii fiiman hadait, Wa aafinii fiiman aafait, Watawallani fiimangtawallait, Wabaariklii fiimaa a toit, Waqini birahmatika syaramaa qadhait, Fainnakataqdhi walayuqdha alaik, Wainnahu layadzillu mawwalait, Walaya izuman aadait, Tabarak tarabannaa wata aalait, Falakal hamdu alamaa qadhait, Astag firuka wa atuubu ilaik, Washallalloohu ala sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ala aalihi washahbihi wabaarik wasallam)

Artinya: “Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau Pastikan. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala Puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan kembalilah (taubat) kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat, berkah dan salam atas Nabi Muhammad beserta keluarganya”.

Halaman Selanjutnya

Doa qunut saat berjamaah
1 2 3

Source : Surya

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest