Follow Us

Kabar Buruk, Puncak Kasus Covid-19 Varian Omicron Diprediksi Bakal Terjadi di Awal Maret, Kemenkes: Tiga sampai Enam Kali Lebih Tinggi dari Delta

Helna Estalansa - Jumat, 11 Februari 2022 | 14:15
Ilustrasi Omicron
Pixabay.com

Ilustrasi Omicron

GridHype.ID - Warga dunia kini tengah dihebohkan dengan penularan Covid-19 varian baru yakni varian Omicron.

WHO menyatakan bahwa varian Omicron atau yang memiliki nama virus varian B.1.1.529 sudah terdeteksi sejak akhir tahun 2021 lalu.

Varian Omicron ini penularannya sangat cepat dan mudah.

Sementara itu, kasus varian Omicron hingga kini masih terus melonjak di Indonesia.

Melansir dari Kompas.com, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi memprediksi puncak lonjakan kasus Covid-19 yang disebabkan varian Omicron terjadi hingga dua sampai tiga pekan ke depan atau di awal Maret 2022.

Nadia mengatakan, tren peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron akan lebih cepat dibandingkan lonjakan kasus Covid-19 akibat penularan varian Delta.

"Kita akan melihat tren peningkatan sampai kita prediksi bahwa di akhir Februari atau di awal Maret 2022 ini merupakan puncak kasus Omicron yang bisa diprediksi itu 3 kali sampai dengan 6 kali lebih tinggi daripada variasi Delta," kata Nadia dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (10/2/2022).

Nadia mengatakan, meski akan terjadi lonjakan kasus, keterisian tempat tidur di rumah sakit akan terkendali.

Itu karena banyak pasien positif Omicron yang mengalami gejala ringan dan tanpa gejala.

Baca Juga: Gejalanya Mirip Flu Biasa, Minuman Sejuta Umat Ini Ternyata Harus Dihindari Saat Tubuh Terinfeksi Omicron

Ia menekankan, pasien Covid-19 varian Omicron yang mengalami gejala ringan atau tanpa gejala bisa melakukan isolasi mandiri maupun isolasi terpusat yang disediakan pemerintah.

"Batuk, pilek, demam kemudian sakit tenggorokan dan saturasi oksigen lebih dari 95 persen tidak memiliki komorbid diharapkan untuk dapat melakukan isolasi mandiri baik di rumah ataupun di tempat-tempat isolasi terpusat yang sudah disediakan," ujarnya.

Source : Kompas.com, Tribunnews.com

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest