Follow Us

Jangan Abai, Pentingnya Deteksi Dini Masalah Paru-paru pada Anak dengan Cara Ini

Nailul Iffah - Selasa, 18 Januari 2022 | 13:30
Pada penderita asma, dinding bagian dalam saluran udara di paru-paru penderita bisa meradang dan bengkak.
Unsplash

Pada penderita asma, dinding bagian dalam saluran udara di paru-paru penderita bisa meradang dan bengkak.

GridHype.ID - Menjaga kesehatan anak menjadi peran penting bagi orangtua. Terlebih jika anak mengidap penyakit yang cukup serius, seperti masalah pada paru-paru.

Masalah paru-paru bisa menimbulkan asma, yang membuat anak susah bernapas.Jika anak mengalami asma, tentu membuatnya merasa tidak nyaman, sehingga menimbulkan rasa khawatir pada orangtua. Untuk menekan risiko tersebut, seiring mengikuti perkembangan zaman, kini telah hadir alat pendeteksi dini.Belum lama ini di ajang pameran teknologi internasional Consumer Electronic Show (CES) 2022 di Amerika Serikat, Bosch memperkenalkan ragam solusi AIoT.

Di mana berlandas pada sistem sensor audio Bosch SoundSee dan sistem sensor gas Bosch.

Yakni sensor gas pertama di pasaran yang dilengkapi kecerdasan buatan. Berkolaborasi dengan Highmark, perusahaan perawatan kesehatan nirlaba di Pittsburgh (Amerika Serikat), Bosch menciptakan aplikasi sederhana berbasis teknologi SoundSee.

Untuk meneliti bagaimana kecerdasan buatan audio dapat digunakan sebagai alat diagnosis pada kedokteran anak.

Baca Juga: Kabar Gembira Buat Penderita Asma, Minuman Favorit Sejuta Umat Ini Ternyata Bisa Kurangi Tingkat Keparahan Gejala Saat Kambuh

Secara khusus, Bosch dan Highmark berusaha mengadaptasi sensor tersebut sedemikian rupa. Guna untuk dapat mendeteksi masalah paru-paru seperti asma sejak tahap awal, dengan hanya mendengarkan pola napas anak. Sebelumnya, sejak akhir 2019, sistem sensor SoundSee telah berlanglang buana hingga ke ruang angkasa.

Untuk mengidentifikasi suara-suara yang tidak biasa di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Menggunakan algoritma kecerdasan buatan, sistem ini mampu menganalisis dan menunjukkan kapan pemeliharaan ISS perlu dilakukan. “Memanfaatkan teknologi inovatif untuk meningkatkan kesehatan anak — demikianlah Bosch memaknai high tech,” ujar Mike Mansuetti, Presiden Bosch di Amerika Utara. Penggunaan SoundSee di bidang kedokteran tersebut juga menggambarkan bagaimana Bosch merealisasikan semangat, “Invented for life”. Selain itu, solusi AIoT Bosch juga difungsikan untuk melindungi manusia dan kelestarian alam.

Sensor gas Bosch yang diperkuat kecerdasan buatan merupakan bagian penting dalam sistem Dryad’s Silvanet Wildfire Sensor.

Mampu menjadi pengendus digital untuk mendeteksi kebakaran hutan sedini mungkin. Sensor Dryad yang dipasang di pohon-pohon mampu memantau iklim mikro setempat.

Ketika sensor menangkap adanya parameter potensi kebakaran, sistem akan mengirimkan informasi tersebut secara nirkabel kepada pihak berwenang setempat,l jauh sebelum kamera atau sistem berbasis satelit dapat melakukannya.

Baca Juga: Satu Indonesia Baru Tahu, Campuran Jahe dengan Bahan Alami Ini Bisa Atasi Serangan Vertigo

Editor : Nailul Iffah

Latest