Follow Us

Satu Indonesia Gak Sadar, Penyakit yang Bersarang dalam Tubuh Bisa Makin Parah Meski Minum Obat dari Dokter, Ternyata Makanan Favorit Ini Penyebabnya

Dwi Purworahayu - Senin, 27 Desember 2021 | 10:30
Ilustrasi berbagai jenis obat
Pixabay

Ilustrasi berbagai jenis obat

GridHype.ID - Sebagian orang tentu akan mengonsumsi obat untuk menyembuhkan penyakit yang diderita.

Seperti yang diketahui, obat memang mengandung bahan-bahan kimia guna meredakan atau menyembuhkan suatu penyakit.

Namun, obat juga terkadang tak bisa menyatu secara aman dengan beberapa bahan makanan dan minuman.

Jika dikonsumsi bersamaan atau dalam waktu berdekatan, bahan kimia dalam obat akan kontra dengan properti dari makanan dan minuman yang ada.

Selain bisa mengurangi tingkat keefektifan obat, senyawa dalam makanan dan minuman ini juga bisa menjadi racun jika tercampur dengan bahan kimia obat.

Jadi ketika tengah dalam pengobatan, ada baiknya menanyakan dengan teliti pada dokter mengenai obat di dalam resep yang ada.

Apakah kontra dengan bahan makanan dan minuman tertentu ataukah tidak.

Berikut ini beberapa bahan makanan dan minuman yang bisa mengurangi keefektifan obat, seperti yang dikutip dari Kompas.com:

Baca Juga: Hanya Butuh Direndam Air Hangat 5 Menit, Khasiat Menakjubkan Jeruk Nipis Sudah Bisa Kamu Rasakan, Penyakit Mematikan Perlahan Lenyap

1. Jeruk

Melansir dari WebMD, senyawa dalam buah jeruk limau bisa mempengaruhi kinerja beberapa sel dalam saluran cerna tubuh dalam menyerap dan membuang sisa limbah obat.

Dalam sebuah studi dinyatakan bahwa jeruk bisa menimbulkan efek kontra lebih dari 50 jenis obat seperti obat alergi fexofenadine dan obat pengontrol kolesterol atorvastatin.

Source : Kompas.com

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest