Follow Us

Luar Biasa, Siapa yang Menyangka Kalau Buah Manis Ini Ternyata Bisa Lawan Penyakit Mematikan Ini, Salah Satunya Kanker Payudara loh!

Helna Estalansa - Rabu, 24 November 2021 | 20:15
manfaat buah sawo untuk kesehatan
Freepik

manfaat buah sawo untuk kesehatan

GridHype.ID - Tak sedikit dari kamu yang pasti pernah mencicip manisnya buah sawo ya.

Dibalik rasanya yang manis, siapa sangka buah sawo punya manfaat yang luar biasa loh.

Salah satunya, buah sawo disebut-sebut bisa mencegah kanker loh.

Apakah benar demikian?

Mari kita simak ulasannya.

Menurut sebuah studi oleh para ilmuwan India, buah sawo atau Chikoo bisa menjadi jawaban untuk menghentikan penyebaran kanker loh.

Para peneliti sekarang telah menunjukkan bahwa ekstrak metanol (alkohol) yang terkandung dalam keseluruhan buah sawo memiliki fitokimia aktif tertentu (senyawa yang berasal dari tumbuhan).

Senyawa yang terkandung dalam buah sawo itu dapat memicu serangkaian peristiwa yang terjadi dalam sel tumor yang mengarah ke kematian mereka (proses yang disebut apoptosis).

"Ada studi pendahuluan yang menggunakan dua fitokimia yang diisolasi dari buah sawo pada jalur sel kanker."

Baca Juga: Jadi Penyakit Mematikan Lantaran Bisa Meregang Nyawa, Yuk Kenali Pengobatan yang Tepat Bagi Penderita Kanker Payudara

"Kami adalah studi pertama yang menggunakan ekstrak metanol buah sawo utuh yang mengeksplorasi sifat anti-kanker yang sama pada garis sel kanker yang berbeda dan pada model hewan."

"Hasil kami menunjukkan bahwa memasukkan buah sawo ke dalam makanan sehari-hari kita dapat melindungi dari genesis dan perkembangan kanker," Sathees C. Raghavan, profesor di departemen Biokimia, IISc, mengatakan kepada IANS dalam interaksi via e-mail.

Source : TribunKaltim.co

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest