Follow Us

Pentingnya Caring Leadership Bagi Pemimpin Agar Karyawan Bekerja dengan Nyaman

Nailul Iffah - Jumat, 10 September 2021 | 12:15
Ilustrasi pemimpin perusahaan.
Freepik.com

Ilustrasi pemimpin perusahaan.

GridHype.ID - Pentingnya belajar ilmu kepemimpinan agar bisa menciptakan suasana kerja yang nyaman.

Ilmu leadership bisa diperolah saat duduk di bangku kuliah.

Namun, hal tersebut tak sepenuhnya diperolah saat duduk di bangku kuliah.

Terutama menyangkut experience langsung ketika berinteraksi dengan beragam orang dengan beragam karakter.

Dan, inilah tempat menimba ilmu kepemimpinan yang paling mahal.

Pengalaman demi pengalaman memimpin orang inilah yang dibagikan oleh Presiden Direktur Sun Life Indonesia Elin Waty lewat sebuah buku berjudul ‘Segelas Kopi dan Segudang Cerita Karier.

Dalam sesi diskusi virtual membedah materi buku ini dengan media, Elin Waty panjang lebar membeberkan pengalaman memimpin organisasi perusahaan selama ini. Elin menuturkan, dalam memimpin tim dia menggunakan pendekatan empatif. Dia menyebutnya dengan istilah 'Caring Leadership.'

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Masuk dalam Pemimpin Negara yang Banyak Dibicarakan di Twitter se-Asia Pasifik, Ada Dokter Juga lho

Riset menunjukkan, pemimpin yang memiliki empati berdampak baik pada kinerja, kesehatan, dan budaya empati yang inklusif. Menerapkan caring leadership menuntut pemimpin untuk lebih peka, dan memahami kondisi tim dengan melihat apa yang terjadi di sekitar. Ketika seorang pemimpin mampu mengelola dan menjaga keseimbangan pikiran dan perasaan, maka ia akan memberikan banyak manfaat dan menerapkan caring leadership dengan lebih optimal. Konsep memimpin Caring leadership yang diterapkan Elin mendapat dukungan dari Erwin Parengkuan, Communication Practitioner & Speaking Coach.

"Dalam perusahaan, komunikasi yang terjalin baik antara atasan dan bawahan, serta sesama anggota tim menjadi kunci keefektifan dan produktivitas kerja secara menyeluruh," ujar Erwin.

"Kemampuan Elin menjalin komunikasi dan berempati, membuat rekan dan anggota timnya tak segan untuk bertukar cerita. Hal ini baik diterapkan seorang pemimpin, karena pemimpin yang memiliki kepedulian tinggi akan menumbuhkan loyalitas dan keterlibatan lebih pada tim yang dipimpinnya," lanjut Erwin.

Menulis Sebagai Healing Therapy

Editor : Nailul Iffah

Latest