Follow Us

Sering Dilakukan Banyak Orang, Mulai Sekarang Stop Simpan Bumbu Dapur Ini di Dalam Kulkas, Kalau Tak Mau Hal Buruk akan Mengintaimu

Helna Estalansa - Minggu, 22 Agustus 2021 | 09:00
Bawang putih
pixabay.com

Bawang putih

GridHype.ID - Tentu kamu semua sudah tak asing lagi dengan bumbu dapur yang satu ini ya.

Pasalnya, bumbu dapur yang satu ini kerap dipakai untuk berbagai masakan di seluruh nusantara.

Ya, bumbu dapur yang dimaksud adalah bawang putih.

Mengutip dari Kompas.com, bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang hampir selalu digunakan di setiap masakan masyarakat Indonesia.

Selain memiliki aroma yang khas, menambahkan bawang putih juga bisa membuat masakan terasa lebih gurih, layaknya penyedap rasa.

Sehingga, oleh sebagian orang yang menghindari konsumsi penyedap rasa buatan, bawang putih menjadi pilihan untuk menambah cita rasa.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa bawang putih ini tidak hanya dapat membuat masakan menjadi gurih dan enak, tetapi ternyata juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Hal ini seperti dijelaskan oleh Guru besar dalam Ilmu Botani Farmasi dan Farmakognosi Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (UNAIR), Prof. Dr. apt. Mangestuti Agil, MS.

Menurut Mangestuti, pemakaian bawang putih untuk kesehatan sudah berlangsung ribuan tahun lamanya, termasuk penggunaan dalam bentuk segar.

Manfaat atau khasiat bawang putih, didapatkan dari berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Kandungan utamanya adalah senyawa yang menyebabkan bau khas, yaitu golongan organosulfur.

Senyawa kandungan bernama aliin akan cepat diubah menjadi senyawa organosulfur bernama allicin oleh enzim alliinase ketika bawang diiris, atau dihancurkan atau dipres maupun ditekan.

Source : Kompas.com, Nakita.ID

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest