Follow Us

Satu Indonesia Wajib Tahu, Inilah Sejarah Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Termasuk Perubahan yang Ada di Dalamnya

Helna Estalansa - Senin, 16 Agustus 2021 | 13:45
Teks proklamasi ketikan dengan tanda tangan
Cagarbudaya.kemdikbud.go.id

Teks proklamasi ketikan dengan tanda tangan

GridHype.ID - Seperti yang kita tahu, besok hari Selasa 17 Agustus 2021 kita akan memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 76 tahun.

Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, oleh karenanya setiap tanggal 17 Agustus diperingati sebagai Hari Kemerdekaan.

Nah, membahas tentang Hari Kemerdekaan, ada baiknya kamu inga-ingat kembali sejarah perumusan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Berikut adalah sejarah perumusan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Teks proklamasi tersebut diketik oleh Sayuti Melik dan dibacakan oleh Soekarno pada 17 Agustus 1945.

Sejarah perumusan teks proklamasi dimulai saat pihak Jepang menyatakan menyerah tanpa syarat kepada Sekutu di tanggal 15 Agustus 1945.

Golongan muda yang mengetahui kabar tersebut dari siaran Radio BBC milik Inggris, mendesak Soekarno dan Mohammad Hatta untuk segera memanfaatkan situasi dengan menyatakan proklamasi.

Namun, dwitunggal menolak karena belum ada pernyataan resmi dari pemerintah Jepang.

Mengutip laman Kemdikbud, golongan tua berpendapat, lebih baik menunggu sampai 24 Agustus, yakni tanggal yang ditetapkan Marsekal Terauchi untuk waktu kemerdekaan Indonesia, ketika menerima Soekarno, Hatta, dan Radjiman Wedyodiningrat di Dalat, Vietnam.

Pada 15 Agustus 1945, para pemuda dibawah pimpinan Sukarni, Chairul Saleh, dan Wikana bersepakat untuk mengamankan dwitunggal bersama Ibu Fatmawati dan Guntur ke Rengasdengklok, dengan harapan agar mereka menuruti keinginan para pemuda.

Namun, sepanjang hari 16 Agustus 1945 itu, tidak tercapai kesepakatan apapun.

Hingga sorenya, Ahmad Soebardjo datang dan berusaha membujuk para pemuda untuk melepaskan dwitunggal.

Source : Tribunnews.com

Editor : Helna Estalansa

Baca Lainnya

Latest