GridHype.ID - Semenjak pemberlakuan PPKM darurat, banyak instansi yang menerapkan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah.
Bahkan, beberapa sektor diwajibkan menerapkan WFH untuk seluruh karyawannya.
Ya, melansir Kontan.co.id, perusahaan yang bergerak di sektor non-esensial wajib menerapkan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah terhadap seluruh karyawan.
Namun, WFH pun dalam praktiknya tidak mudah dilakukan.
Selain harus membagi waktu dengan keluarga dan mengerjakan tugas rumah tangga, seringkali karyawan juga bekerja dalam durasi yang lebih lama ketimbang di kantor.
Selain itu, produktivitas juga menjadi tantangan, lantaran banyaknya distraksi saat kerja di rumah.
Mengutip Kompas.com dari Popsugar, Kamis (19/07/2021), berikut ini 5 hal yang bisa Anda lakukan agar tetap fokus saat kerja dari rumah.
1. Jangan lupa bersyukur
Ketika kerja dari rumah, memang agak sulit untuk memiliki semangat yang sama dengan ketika kerja di kantor.
Nah, dalam kondisi seperti sekarang ini, jangan lupa bersyukur bahwa Anda masih memiliki pekerjaan.
Baca Juga: 5 Hal Sepele yang Bikin Urusan Ranjang Jadi Panjang, Nomor 4 Bikin Melongo!
Buang jauh-jauh pola pikir "Enak sekali jika tidak harus bekerja" dari pikiran Anda.
Mulailah hari dengan bersyukur bahwa Anda masih bisa menjalani hari, sehat, dan memiliki kemampuan untuk memperoleh penghasilan.
Jangan lupa sarapan makanan yang bergizi, berolahraga, meditasi, atau beribadah.
Bersyukur dengan apa yang Anda miliki saat ini membantu menghilangkan risiko hilangnya motivasi.
2. Buat dan patuhi jadwal
Ingat, waktu berjalan dengan cepat, sehingga jika tidak mengatur waktu dengan baik, Anda bisa jadi tidak bisa menyelesaikan pekerjaan Anda.
Oleh sebab itu, penting untuk membuat jadwal kerja dan mematuhinya.
Anda bisa menentukan durasi kerja selama delapan jam atau sesuai kenyamanan Anda.
Penting bahwa jadwal kerja yang telah dibuat itu hanya dialokasikan untuk bekerja dan juga sesuaikan dengan jadwal kegiatan sehari-hari lainnya di rumah.
3. Hilangkan distraksi yang tak perlu
Ketika kerja dari rumah, seringkali godaan untuk mengecek media sosial sangat besar.
Oleh karenanya, penting untuk mematikan ponsel Anda ketika harus bekerja tanpa gangguan.
Ciptakan jadwal kapan harus mengecek e-mail. Matikan notifikasi pada ponsel atau laptop untuk memastikan hal yang tidak penting malah menyita perhatian Anda.
Jika memungkinkan, matikan koneksi internet. Menghilangkan distraksi yang tidak perlu akan membuat Anda lebih fokus dan produktif saat kerja dari rumah.
4. Pilih musik yang sesuai
Suasana hati Anda dapat dipengaruhi banyak hal, seperti misalnya cuaca, televisi, makanan yang Anda makan saat sarapan, hingga musik.
Sadar atau tidak, musik juga memberi pengaruh besar pada suasana hati Anda.
Bila Anda memutuskan untuk mendengarkan musik saat bekerja, pastikan Anda memilih lagu-lagu yang meningkatkan semangat dan aura positif.
5. Ciptakan batasan dengan keluarga dan teman
Pastikan Anda menciptakan batasan dengan keluarga dan teman ketika bekerja, sehingga mereka tidak menjadi tantangan bagi produktivitas Anda.
Beritahu mereka terkait jadwal kerja Anda untuk menghilangkan konflik atau ketidaknyamanan lainnya.
Baca Juga: Tampil Bugar dan Awet Muda Meski di Rumah, Hindari 5 Kebiasaan Ini Biar Kita Enggak Cepat Tua
(*)