Follow Us

Masih Banyak Dipercaya, Video Ibu Hamil Ngumpet di Kolong Kasur Saat Gerhana Bulan Viral, Takut Sang Bayi Terlahir Seperti ini

Ngesti Sekar Dewi - Kamis, 27 Mei 2021 | 17:30
Momen ibu hamil bersembunyi di bawah tempat tidur saat terjadi gerhana
tangkapan layar Instagram @nenk_update

Momen ibu hamil bersembunyi di bawah tempat tidur saat terjadi gerhana

Gridhype.id- Pada Rabu (26/5/2021) lalu, terjadi fenomena astronomi Gerhana Bulan Total (GBT) atau yang biasa disebut juga sebagai super blood moon.

Gerhana bulan total ini puncaknya terjadi sekitar pukul, 18:18 WIB dan dapat disaksikan oleh hampir seluruh masyarakat di wilayah Indonesia.

Fenomena gerhana bulan total yang bertepatan dengan hari raya waisak ini juga terbilang langka, sebab hanya berulang setiap 195 tahun sekali.

Baca Juga: Fenomena Langka Blood Moon Baru-baru Ini Terjadi, Berikut Berbagai Mitos Seputar Gerhana Bulan dari Seluruh Dunia

Gerhana bulan total ini sendiri terjadi ketika posisi matahari, bumi dan bulan berada dalam posisi yang sejajar.

Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN, Andi Pangerang Hasanuddin mengatakan, keistimewaan yang pertama dari adanya fenomena GBT atau super blood moon yang terjadi hari ini yakni puncaknya berdurasi cukup singkat.

Untuk durasi totalnya memang cukup singkat, berdasarkan versi NASA/Fred Espenak, bisa 14 menit, versi Jean Meeus bisa 11 menit, versi Robert Nufer bisa 18 menit.

Durasi yang singkat ini dikarenakan jarak dari titik tengah bulan ke ke titik tengah umbra bumi cukup jauh.

Baca Juga: Jangan sampai Ketinggalan, Yuk Ikuti Lomba Foto Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021 yang Diadakan Lapan, Berikut Syarat dan Ketentuan yang Wajib Kamu Penuhi

Tak hanya fenomena gerhana bulan total saja yang menarik perhatian masyarakat.

Pada saat terjadinya fenomena GBT, ada beberapa video netizen yang ikut viral lantaran momen tersebut.

Bukan momen terjadinya proses gerhana bulan total, melainkan momen ketika ibu hamil bersembunyi di bawah tempat tidur saat gerhana terjadi.

Source : Instagram

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest