Follow Us

Kisah Bung Karno yang Keluar dari Istana Kepresidenan Hanya Membawa Bungkusan Koran, Rupanya Tersembunyi Benda ini di Dalamnya

Ngesti Sekar Dewi - Senin, 15 Februari 2021 | 05:15
Soekarno
Kompas.com/Song

Soekarno

Gridhype.id- Momen pergantian kekuasaan antara Soekarno Presiden RI pertama dengan Soeharto menjadi salah satu uperistiwa yang paling bersejerah yang akan selalu dikenang.

Pasalnya, ketika Bung Karno lengser dari pemerintahannya ada peristiwa bersejarah yang tak terlupakan.

Melansir buku yang berjudul "Selangkah Lebih Dekiat dengan Soekarno" via Tribunjatim, tertulis dalam buku tersebut jika Bung Karno dipaksa Soeharto untuk meninggalkan Istana Negara.

Baca Juga: Murka Disebut Batal Nikah Karena Minta Mahar Fantastis, Ayu Ting Ting: yang Pertama Kali Membatalkan Itu Saya!

Buku yang ditulis oleh Adji Nugroho dan diterbitkan pada 2017 lalu ini menceritakan detik-detik ketika Soekarno meninggalkan istana kepresidenan saat itu.

Ketika meninggalkan Istan, diketahui jika Bung Karno tidak membawa barang-baranga berharaganya.

Ia bahkan meninggalkan berbagai kemeja favoritnya, jam tangan Rolex hingga berebagai barang berharga lainnya di Istana.

Meski demikian, ada satu barang berharga yang justru dibawa oleh Soekarno.

"Ketika meninggalkan Istana Kepresidenan, Bung Karno hanya membawa benda yang merupakan salah satu simbol dari 1001 kisah pengorbanannya untuk menyelamatkan bangsa Indonesia," tulis Ajdi Nugroho.

Baca Juga: Umumkan Tanggal Akad Nikah, Atta Halilintar Ungkap Orangtuanya Berekemungkinan Tak Hadir Hingga KD yang Tak Tahu Tentang Pernikahan Aurel Hermansyah

Benda yang dibawa, dan digenggam erat oleh Soekarno itu adalah bendera pusaka, Sang Saka Merah Putih.

Source : TribunJatim.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest