Follow Us

Terus-Terusan Gagal Seleksi Kartu Prakerja, 3 Alasan ini yang Jadi Penyebabnya, Coba Cek Apa Sudah Sesuai dengan Kriteria

None - Sabtu, 26 September 2020 | 12:15
Ilustrasi kartu prakerja
Kompas.com

Ilustrasi kartu prakerja

Zonajakarta.com- Pendaftaran kartu prakerja gelombang 9 baru saja di tutup pada Senin (21/9) lalu.

Meski sudah dibuka untuk kesembilan kalinya, namun masih banyak masyarakat yang mengeluhkan karena masih belum bisa lolos dari seleksi kartu prakerja

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kagagalan para peserta seleksi kartu prakerja selama ini.

Baca Juga: Bukan Hari Ini, PMO Belum Bisa Umumkan Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 10, Berikut Penjelasannya!

Direktur Operasi Kartu Prakerja, Hengki Sihombing pun menjelaskan beberapa kesalahan para peserta saat mengikuti seleksi kartu prakerja.

Pertama, banyaknya jumlah pendaftar dibanding peserta yang diterima setiap gelombang-nya.

"Yang mendaftar gelombang 9 kemarin ada sektar 5,9 juta. Sementara yang harus kita terima itu mungkin hanya sektiar 800.000. Jumlah pendaftar maupun jumlah yang kita terima angkanya jauh berbeda," ujarnya, dalam diskusi virtual, Jumat (25/9/2020).

Selain itu, melalui Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2020, pemerintah juga mengeluarkan kriteria yang tidak berhak mendapatkan Kartu Prakerja.

Baca Juga: Akhirnya Terbongkar! Solusi Gagal Verifikasi Email dan Tips Unggah Foto KTP di Kartu Prakerja, Ini Kata Admin

Mereka yang tidak berhak adalah pejabat negara, pimpinan dan anggota dewan perwakilan rakyat, aparatur sipil negara, TNI, polisi, kepala desa beserta perangkatnya, dan direksi hingga dewan pengawas BUMN atau BUMD.

"Jadi misalkan si pendafatr ini adalah salah satu yang saya sebutkan berdasarkan Perpres Nomor 76, mereka tidak akan bisa lolos menjadi penerima," kata Hengki.

Source : Kompas.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest