Follow Us

Pria 54 Tahun ini Meregang Nyawa Setelah Kebanyakan Mengkonsumsi Akar Manis, Sehari Bisa Habiskan Satu Kantong Setengah

None - Jumat, 25 September 2020 | 18:15
Akar Manis
Kolase Gridhype.id

Akar Manis

Gridhype.id- Seorang pekerja konstruksi di negara bagian Amerika Serikat (AS) dilaporkan meregang nyawa akibat kebiasaannya memakan liquorice atau akar manis, seperti permen.

Laporan dokter itu menyebutkan jika pria berusia 54 tahun yang tidak disebutkan namanya tersebut meninggal dunia akibat makan sekitar satu setengah kantong akar manis hitam setiap hari.

Dilansir dari BBC melalui Kompas.com pada Jumat (25/9/2020), dia tidak mengalami gejala apa pun, sebelum tiba-tiba akhirnya mengalami serangan jantung di sebuah restoran cepat saji.

Baca Juga: Dengan Berani Pertanyakan Kekuasaan Raja Thailand, Gadis Muda ini Jadi Simbol Perjuangan Anak

Saat menjelaskan kasus pria itu di New England Journal of Medicine, sang dokter mengatakan asam glycyrrhizic dalam akar manis adalah penyebab kematiannya.

"Kami diberitahu bahwa pasien ini memiliki pola makan yang buruk dan makan banyak permen. Mungkinkah penyakitnya berhubungan dengan konsumsi permen?" kata Dr Elazer R Edelman.

Dia mengatakan penelitian telah menunjukkan asam glycyrrhizic, bahan aktif dalam akar manis, dapat menyebabkan "hipertensi, hipokalemia, alkalosis metabolik, aritmia yang fatal, dan gagal ginjal", dan semua gejala tersebut terlihat pada pasien itu.

Hipokalemia adalah ketika kadar kalium seseorang dalam darah menjadi sangat rendah.

Baca Juga: Nunung Positif Covid-19, Satu Keluarga Sampai Mengungsi Hingga Sang Anak Tenangkan Ibunda: Covid Bukan Aib

Pasien juga baru saja mengganti jenis manisan yang dia makan.

Beberapa pekan sebelum kematiannya, dia beralih dari akar manis rasa buah merah ke jenis lain yang dibuat dengan akar manis hitam.

Dokter lain, Dr Andrew L Lundquist, setuju dalam laporan tersebut bahwa akar manis adalah penyebabnya.

Source : Kompas.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest