Follow Us

Yakin Pandemi Segera Berakhir, China Kembangkan Vaksin Covid-19 yang Sudah Terbukti Efektif Lawan Virus Corona

Nabila N C, None - Sabtu, 18 Juli 2020 | 19:00
[Ilustrasi] Vaksin virus corona.
AP

[Ilustrasi] Vaksin virus corona.

GridHype.ID - Hingga hari ini wabah virus corona masih menjadi momok menakutkan bagi dunia.

Bahkan para ilmuan masih berusaha mengembangkan vaksin covid-19 yang diperkirakan akan selesai pada 2021 mendatang.

Salah satu vaksin tidak aktif covid-19 kini tengah dikembangkan China, disebut sudah terbukti efektif bisa melawan strain virus corona.

Vaksin itu juga memiliki tingkat reaksi merugikan yang lebih rendah daripada kandidat vaksin berjenis sama yang sedang diteliti, ujar kepala produsen kandidat vaksin kepada Global Times dalam sebuah wawancara eksklusif pada hari Senin (13/7/2020).

Baca Juga: Secercah Cahaya di Tengah Pandemi Corona yang Melanda Dunia, WHO Bagiakan Kabar Gembira, 2 Minggu Lagi Hasil Uji Klinis Obat Covid-19 Bakal Keluar!

"Vaksin inaktif yang kami kembangkan dapat mencakup semua jenis virus corona yang telah terdeteksi sejauh ini, termasuk jenis virus yang dilacak di pasar Xinfadi di Beijing," ujar Yang Xiaoming, presiden Grup Farmasi Nasional China (Sinopharm).

Pernyataan itu sekaligus menanggapi kekhawatiran publik bahwa vaksin dalam proses R&D menjadi tidak efektif ketika virus bermutasi.

Tim peneliti telah melakukan percobaan perlindungan silang untuk menguji apakah anti-serum yang diperoleh dengan mengimunisasi hewan dapat menghasilkan respons kekebalan terhadap berbagai genotipe strain virus corona, ujar Yang.

Kandidat vaksin tidak aktif COVID-19 dari Sinopharm telah dikirim ke uji klinis fase tiga.

Baca Juga: Firasatnya Bak Nyata, Wirang Birawa Kembali Bahas Prediksinya Soal Wabah Virus Corona, WHO Umumkan Kandidat Vaksin Covid-19

Sudah ada 4 juta dosis vaksin yang disiapkan.

Yang berkata pihaknya saat ini menyimpan lebih banyak vaksin COVID-19.

Source : Grid Star

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest