Follow Us

Pemerintah Bolehkan Pelaksanaan Shalat Idul Adha di Masjid Sesuai dengan Protokol Kesehatan, Berikut Panduan Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban di Tengah Pandemi

None - Rabu, 08 Juli 2020 | 09:45
Ilustrasi memotong daging hewan kurban Idul Adha
KOMPAS.com/Eris Eka Jaya

Ilustrasi memotong daging hewan kurban Idul Adha

Gridhype.id -Jelang perayaan Idul Adha 144 Hijriah, pemerintah memperbolehkan masyarakat untuk melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid.

Kementrian Agama juga menerbitkan panduan penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban 1441 Hijrian/2020 Masehi menuju Masyarakat Produktis dan Aman Covid-19.

Panduan tersebut terbit melalui Surat Edaran Nomor 18 Tahun 2020 yang ditandatangani Menteri Agama Fachrul Razi, Selasa (30/6/2020).

Baca Juga: Tangan Kanan Jokowi Umumkan Kabar Baik, Cuti Bersama Idul Fitri yang Semula Akhir Tahun Bakal Maju Dibarengkan Idul Adha

Fachrul berharap, panduan ini bisa menjadi petunjuk penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dalam situasi adaptasi kenormalan baru atau new normal.

"Dengan begitu, pelaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban dapat berjalan optimal serta terjaga dari penularan Covid-19,” kata Fachrul melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (30/6/2020).

Menurut panduan tersebut, shalat Idul Adha maupun penyembelihan hewan kurban dapat dilaksanakan di semua daerah.

Baca Juga: JadI Pria Pertama di Dunia yang Hamil dan Melahirkan 4 Orang Anak, Ternyata ini Rahasia Ia Bisa Mengandung

Kecuali di tempat-tempat yang dianggap belum aman dari Covid-19 oleh pemerintah daerah atau gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 daerah.

Bagi daerah yang akan melaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban, wajib untuk memperhatikan protokol kesehatan dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

“Sosialisasi dan pengawasan penerapan protokol kesehatan sebagaimana diatur dalam edaran ini akan dilakukan oleh aparat kantor wilayah kementerian agama provinsi, kantor kementerian agama kabupaten/kota, dan kantor urusan agama kecamatan bersinergi dengan instansi yang membidangi fungsi kesehatan hewan dan instansi terkait,” kata Fachrul.

Source : Kompas.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest