Follow Us

Kajian Awal Pemerintah: Mall dan Pasar Akan Buka Pada 8 Juni Sekolah Mulai 15 Juni

None - Jumat, 08 Mei 2020 | 18:15
Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono saat memberi keterangan di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Kamis (26/3/2020).
(DOKUMENTASI BNPB)

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono saat memberi keterangan di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Gridhype.id - Foto skenario pemulihan ekonomi Indonesia beredar luas dan ramai diperbincangkan di media sosial.

Foto tersebut menunjukkan timeline beroperasinya kembali berbagai sektor.

Kementerian Koordinator Perekonomian menyampaikan, foto yang beredar luas tersebut merupakan bagian dari kajian awal pemerintah dalam menentukan kebijakan pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kisah Seorang Pilot Pesawat Jet yang Banting Stir Jadi Kurir Akibat Pandemi Corona, Dulu Hilir Mudik dengan Pesawat Kini Harus Kendarai Skuter Demi Menyambung Hidup

"Yang beredar di masyarakat tersebut merupakan kajian awal Kemenko Perekonomian, yang selama ini secara intens melakukan kajian dan kebijakan pemerintah menjelang, selama, dan pasca-pandemi Covid-19," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (7/5/2020).

Lebih lanjut, Susi menjelaskan kajian dilakukan pemerintah sebagai langkah antisipasi melakukan upaya-upaya yang diperlukan pasca-pandemi Covid-19.

Saat ini, Kemenko Perekonomian disebut tengah melakukan pembahasan dengan berbagai kementerian dan lembaga lain untuk mematangkan kajian tersebut.

Baca Juga: Dulu Kaya karena Tambang Minyak yang Melimpah, Negara ini Nyaris Bangkrut Lantaran Terlalu Baik pada Rakyatnya

"Dalam waktu dekat Kemenko Perekonomian akan melakukan finalisasi atas kajian tersebut, dan akan disampaikan kepada masyarakat," ucapnya.

Berikut isi kajian awal Kemenko Perekonomian tersebut:

1. Fase pertama, yang dilakukan pada 1 Juni 2020 ialah membuka kembali operasional industri dan jasa bisnis ke bisnis (B2B), dengan tetap menerapkan social distancing.

Source : Kompas.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest