Follow Us

Meski Lapar Setelah Seharian Puasa, Spesialis Gizi Justru Sarankan Makan Berat Usai Salat Tarawih

Nabila N C, None - Rabu, 29 April 2020 | 18:15
Jangan langsung makan berat saat buka puasa.

Jangan langsung makan berat saat buka puasa.

GridHype.ID - Biasanya nafsu makan akan meningkat sehingga timbul keinginan untuk makan berlebihan saat menjelang waktu berbuka puasa.

Apalagi saat kita menjalankan ibadah puasa, kita bahkan lebih dari 12 jam tidak makan atau minum.

Tentu tidak mengherankan masih banyak saja yang percaya bahwa tubuh harus mengonsumsi makanan dalam jumlah yang besar saat buka puasa.

Baca Juga: Inul Daratista Naik Pitam Saat Diteror Sosok Tak Dikenal di Media Sosial dan Pertanyakan Siapa Ayah Kandung dari Anaknya

Namun, kebiasaan makan berlebihan saat buka puasa adalah hal yang salah dan sama sekali tidak dianjurkan.

Hal demikian juga berlaku ketika langsung menyantap makan berat saat buka puasa.

Pasalnya, saat puasa organ tubuh kita berhenti bekerja selama lebih dari 12 jam, jika langsung mengonsumsi makanan berat bisa terjadi efek samping pada tubuh.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh dr David Fadjar Putra, dokter spesialis gizi klinik di RS Pondok Indah (RSPI), Jakarta Selatan.

Baca Juga: Sesumbar Pimpin Gerakan Anti Lockdown di Carolina Utara, Wanita Ini Justru Positif Terjangkit Covid-19 dan Dipaksa Masuk Karantina

"Menu berbuka yang baik awalnya harus ringan terlebih dahulu. Usus dan lambung kita sudah istirahat selama 14 jam, bila langsung makan atau minum banyak, besar kemungkinan terjadi mual," ungkap dr David Fadjar Putra, MS, SpGK, dikutip dari detikHealth.

Menurut dr David, perut yang kosong selama belasan jam perlu beradaptasi sebelum mengonsumsi makanan berat.

Alih-alih, mengonsumsi makanan besar tepat saat buka puasa, sebaiknya diganti dengan air putih dan makanan ringan seperti kurma dan buah-buahan.

Source : GridHealth.ID

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest