Follow Us

Agar Kuat Jalani Ibadah Puasa di Tengah Pandemi, Ternyata Menu Sahur Berikut yang Perlu Disajikan

Nabila N C, None - Rabu, 29 April 2020 | 19:55
Ilustrasi Makan Sahur
queensville.com

Ilustrasi Makan Sahur

GridHype.ID - Tidak mudah memang menjalankan ibadah bulan puasa Ramadan di tengah wabah Covid-19 ini.

Selain harus menjalankan kewajiban ibadah, kita juga dituntut untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak terinfeksi virus corona (Covid-19).

Kendati demikian, kita tak pelu menghabiskan tenaga dengan berolahraga secara keras untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebab, olahraga terlalu keras justru membuat tubuh terasa lelah di kala menjalani puasa.

Baca Juga: Sesumbar Pimpin Gerakan Anti Lockdown di Carolina Utara, Wanita Ini Justru Positif Terjangkit Covid-19 dan Dipaksa Masuk Karantina

Sebagai alternatif lain, kita bisa olahraga ringan, dan mengonsumsi makanan bergizi dan tinggi nutrisi di puasa Ramadan.

Melansir gulfnews, Archana Baju, ahli gizi klinis di Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi, mengatakan saat puasa kita perlu memerhatikan kualitas dari makanan yang dikonsumsi.

"Saat berpuasa, kita perlu mengingat proporsi yang sama dan juga fokus pada kualitas dan sumber nutrisi. Misalnya donat dan sepiring sayuran tumis campur dengan beras merah mungkin memberi Anda kalori yang sama. Tapi donat digoreng memiliki gula yang tinggi serta rendah nutrisi." kata Archana, dikutip dari gulfnews.

Sebab, jika kita mengonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi akan memberi manfaat bagi tubuh, salah satunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Telan Pil Pahit di Tengah Virus Corona, Pemerintah Kanada Rugi Usai Borong 1 Juta Buah Masker, Kenapa?

"Sedangkan karbohidrat gandum utuh dengan sayuran yang memiliki indeks glikemik rendah dan kaya akan vitamin, mineral dan serat akan menjaga gula darah stabil lebih lama, memberikan nutrisi yang jauh lebih besar dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang." ujar Archana.

"Karena itu, penting untuk memilih jenis karbohidrat, protein, dan lemak yang tepat dalam makanan Anda." tambah dia.

Source : GridHealth.ID

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest