Follow Us

Diklaim Jadi Biang keladi Munculnya Covid-19, Sebuah Laporan Justru Ungkap jika Pasar Hewan di Wuhan Mungkin Bukan Sumber Penyebaran Corona, Ini Alasannya

None - Senin, 06 April 2020 | 11:55
Pasar Haunan di Wuhan buka lagi.
SCMP

Pasar Haunan di Wuhan buka lagi.

GridHype.ID - Seperti yang selam ini kita tahu, pasar ikan di Wuhan menjadi sumber dari virus SARS-CoV-2 dari hewan ke manusia.

Anggapan itu bahkan telah dipercaya oleh banyak orang.

Namun nampaknya anggapan itu mulai harus dihilangkan.

Pasalnya, seperti diberitakan IFL Science, Kamis (2/4/2020), semakin banyak bukti yang meragukan klaim bahwa pasar yang ramai ini adalah sumber penyebaran pandemi Covid-19.

Baca Juga: Masih Ingat Malinda Dee 'Si Pembobol Cantik' yang Gelapkan Uang Nasabah Rp 46,1 Miliar? Begini Penampilannya

Infeksi Covid-19 pertama kali dilaporkan pada akhir Desember 2019 di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal The Lancet pada akhir Januari menemukan bahwa 41 pasien di provinsi Hubei telah mengembangkan pneumonia dari infeksi virus misterius, yang kemudian diidentifikasi sebagai novel coronavirus SARS-CoV-2.

Setidaknya 66 persen dari kasus ini terbukti memiliki paparan langsung dengan pasar ikan Huanan beberapa minggu sebelum jatuh sakit.

Hal inilah yang pada akhirnya membuat pasar ikan Huanan berpotensi sebagai kandidat ground zero transmisi virus corona baru dari hewan ke manusia.

Terlebih di pasar itu tak hanya menjual ikan, tapi juga hewan ternak.

Beberapa media lokal mengatakan pasar itu menjual berbagai hewan liar yang masih hidup, termasuk anak serigala, kucing luwak, burung merak, berang-berang, unta, dan spesies "eksotis" lainnya.

Terlepas dari apakah pasar Huanan yang menjadi "sarang" dan penyebaran Covid-19, perlu diketahui bahwa daerah pada penduduk dengan banyak hewan adalah tempat yang cocok untuk penularan penyakit dari hewan ke manusia.

Source : Kompas

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest