Follow Us

Cara Mencuci Sayuran dengan Bahan Alami Tidak Buat Kantong Jebol, Apa Saja?

None, Nabila N C - Kamis, 02 April 2020 | 16:35
Ilustrasi mencuci sayuran
Freepik.com

Ilustrasi mencuci sayuran

GridHype.ID - Wabah dari virus corona atau Covid-19 membuat masyarakat semakin sadar akan pentingnya kebersihan diri dan lingkungan.

Air dan sabun adalah senjata utama dalam memerangi virus agar tidak masuk ke dalam tubuh.

Akan tetapi, bagaimana dengan kebersihan bahan makanan, seperti sayur atau buah, yang baru kita beli?

Haruskah kita mencucinya dengan sabun dan air layaknya kita mencuci tangan guna mencegah penyebaran virus corona?

Baca Juga: Jangan Lagi Menyimpan Tomat di Dalam Kulkas, ini Alasannya

Sebelum terjadinya pandemi Covid-19, mencuci sayur dan buah sebelum dimasak atau disimpan adalah langkah penting untuk memastikan buah dan sayur aman dari pestisida dan bakteri, seperti salmonella, listeria, dan E. coli, yang biasa menempel pada buah dan sayuran.

Meminimalisir kontaminasi dari bahan makanan yang kita bawa dari luar rumah dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan kita dan keluarga.

Cara paling umum untuk mencuci sayur dan buah adalah dengan mencucinya di bawah air mengalir.

Suatu penelitian membuktikan bahwa air mengalir terbukti mengurangi jumlah residu sembilan macam pestisida dari 12 pestisida yang diujikan.

Baca Juga: Takut Terjangkit Virus Corona, Orang Tajir Asia Mengisolasi Diri di Pulau Pribadi yang Dibeli dengan Harga Fantastis

Namun jika dibandingkan dengan air mengalir saja, studi tersebut juga mengungkapkan bahwa produk pembersih khusus terbukti lebih efektif dalam menghilangkan kontaminan.

Satu hal yang perlu kita perhatikan ketika membersihkan buah dan sayuran adalah jangan mencucinya dengan sabun yang biasa digunakan untuk mencuci tangan atau mandi. Jangan pula menyemprotkannya dengan alkohol atau cairan disinfektan.

Source : Kompas.com

Editor : Nailul Iffah

Baca Lainnya

Latest