Follow Us

Tak Banyak Tahu, Golongan Darah Ini Lebih Kuat Lawan Virus Corona

None, Helna Estalansa - Rabu, 18 Maret 2020 | 15:05
Mereka yang golongan darahnya O kebal infeksi virus corona Covid-19?
Science

Mereka yang golongan darahnya O kebal infeksi virus corona Covid-19?

GridHype.ID - Cara untuk melawan penularan virus corona yaitu melalui daya tahan tubuh atau imunitas.

Tapi ternyata tak hanya imunitas saja, ada sebuah penelitian membuktikan bahwa kemampuan virus berinkubasi juga berpengaruh pada golongan darah.

Sebuah studi pendahuluan di China menyebutkan, orang dengan golongan darah O dinilai lebih resisten terinfeksi virus corona.

Sementara, orang dengan golongan darah A dimungkinkan lebih rentan terhadap infeksi virus SARS-CoV-2 ini.

Baca Juga: Tak Hanya Diburu di Indonesia Untuk Cegah Virus Corona, Warga Amerika Serikat Juga Mulai Mencoba Konsumsi Temulawak

Dilansir dari South China morning Post, peneliti medis di China mengambil pola golongan darah dari 2.000 pasien yang terinfeksi virus di Kota Wuhan, China dan Shenzhen dan membandingkannya dengan populasi setempat.

Golongan darah A Peneliti menemukan, pasien bergolongan darah A menunjukkan tingkat infeksi yang lebih tinggi dan mereka cenderung mengalami gejala yang lebih parah.

Sementara itu, para peneliti juga mengungkapkan, studi ini adalah langkah awal dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Meskipun demikian, peneliti mendesak pemerintah dan fasilitas medis untuk mempertimbangkan perbedaan golongan darah tersebut ketika merencanakan langkah-langkah mitigasi atau merawat pasien dengan Covid-19.

Baca Juga: Terdapat 38 Kasus Baru, Berikut Update Peta Persebaran Wilayah Terjangkit Virus Corona di Indonesia

"Orang-orang dari golongan darah A mungkin secara khusus perlu memperkuat perlindungan pribadi untuk mengurangi kemungkinan terinfeksi virus corona," tulis para peneliti yang dipimpin oleh Wang Xinghuan dengan Pusat Pengobatan Berbasis Bukti dan Terjemahan di Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan.

"Pasien yang terinfeksi SARS-CoV-2 dengan golongan darah A mungkin perlu menerima pengawasan yang ketat dan perawatan yang agresif," ujar Wang.

Source : Grid.ID

Editor : Hype

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular