Follow Us

Tak Perlu Pakai Antiseptik, Ahli Kesehatan Ungkap Mencuci Tangan Pakai Sabun Lebih Ampuh Cegah Virus Corona, Berikut Penjelasannya

None - Selasa, 10 Maret 2020 | 09:55
Cuci tangan
Hello Magazine

Cuci tangan

GridHype.ID - Sudah sejak lama para ahli kesehatan dunia menyarakan kita untuk rajin mencuci tangan.

Kebiasaan yang terlihat sepele itu tak lelahnya terus digaungkan.

Bahkan Organisasi Kesehata Dunia (WHO) dan tenaga medis di seluruh dunia menyarankan kita untuk rajin mencuci tangan setidaknya selama 20 detik.

Dalam artikel sebelumnya, terdapat sejumlah bukti bahwa mencuci tangan dengan sabun selama 20 sampai 30 detik lebih efektif membersihkan bakteri, kuman, termasuk virus, dibanding menggunakan hand sanitizer.

Baca Juga: Dihantui Virus Mematikan, Pemerintah China Sebut Wabah Virus Corona Berakhir di Bulan Maret

Dilansir Business Insider, Sabtu (7/3/2020), tangan dalam foto di atas menggunakan Glo-Germ, minyak mineral yang bisa menangkap seberapa banyak kuman dan dapat dilihat di bawah sinar UV.

Dari foto dalam postingan Kristen Bell, tambah perbedaan besar antara tangan yang dicuci dengan sabun selama 15 detik dan 30 detik.

Saat tangan dicuci dengan sabun selama 15 detik, tampak masih ada beberapa bakteri yang menempel di kerutan dan buku-buku jari.

Namun tangan yang dicuci dengan sabun selama 30 detik, tampak bahwa bakteri-bakteri itu hilang.

Sementara tangan yang hanya dibersihkan menggunakan hand sanitizer, tampak di bawah sinar UV bahwa masih ada sisa-sisa kuman, bakteri, virus yang tertinggal.

Tidak sebersih saat mencuci tangan dengan sabun.

Source : Kompas.com

Editor : Ruhil Yumna

Baca Lainnya

Latest