Follow Us

Banyak Diterapkan di Rumah, Bolehkah Membangun Kamar Mandi di Dalam Kamar Tidur, ini Kata Ahli

None - Selasa, 11 Februari 2020 | 15:05
Bolehkah Kamar Mandi Ditempatkan di Dalam Kamar Tidur? Begini Jawaban Menurut Ahli!
istock

Bolehkah Kamar Mandi Ditempatkan di Dalam Kamar Tidur? Begini Jawaban Menurut Ahli!

Gridhype.id - Selain untuk privasi, kamar mandi yang ditempatkan di dalam kamar tidur memang mampu memberikan kemudahan.

Meskipun begitu, ternyata membuat kamar mandi dalam satu area dengan kamar tidur memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, lho!

Setiap orang berhak berpendapat dan memiliki acuan berbeda terkait pembangunan rumah.

Baca Juga: Terpikat dengan Kecantikan Wanita Indonesia dan Menikahinya, Bule Asal Inggris ini Justru Bangkrut Hartanya Dikuras Habis Oleh Sang Pujaan Hati

Namun demikian, secara teknis dan teoritis, ilmu arsitektur sejatinya tidak pernah mempermasalahkan kehadiran kamar mandi pribadi di dalam kamar tidur.Asal, kita membuatnya sesuai aturan.

“Saya percaya ada beberapa prinsip (tentang kamar mandi di kamar tidur) yang menyangkut maintenance bangunan. Kalau dari sisi desain, arsitektur, kamar mandi memang memiliki risiko rembes,” jelas Indra Zaka Permana, arsitek prinsipal dari PrivateLaboratory.net.

Baca Juga: Ada Bahaya Mematikan Jika Kita Terbiasa Tidur dengan Posisi Telentang, Posisi Tidur ini yang TerbaikMenurutnya, baik atau tidak letak kamar mandi pribadi tersebut, justru ditentukan oleh kesiapan kita akan risiko jika tidak terdesain dengan baik, yaitu kelembapan ruang yang tinggi.“Karena ada penggunaan air di situ, pemakaian cenderung tidak kontinu, air lebih banyak. Apalagi sifat (kamar mandi) untuk menyimpan air,” lanjut Zaka.

Kelembapan yang tercipta, terang saja akan membuat kamar mandi lebih rentan berlumut jika kita tidak memerhatikan prosedur perawatan yang ideal.

Baca Juga: Tahukah Kamu, Tidur Tanpa Mengenakan Celana Dalam Ternyata Jauh Lebih Sehat loh, Berikut PenjelasannyaBelum lagi, kalau kita memilih menggunakan bak air ketimbang shower atau tangki luar ruang sebagai tempat penampungan air.Jentik nyamuk bisa berkembang liar dan membahayakan kesehatan.Terkecuali, jika kamu bersedia rajin menguras.

“(Kamar mandi dalam) akan menyebabkan pengaruh kelembapan yang tinggi di dalam ruangan. Untuk itu, apakah (mau) itu dibiarkan lembap begitu saja, atau ada pengolahan aliran udara, sehingga tetap ada udara yang masuk. Kalau kita biarkan, mungkin akan ada lumut, atau sarang laba-laba, atau juga bau, karena ada bakteri anaerob yang tumbuh,” imbuh Zaka.

Baca Juga: Kerap Menjadi Andalan Ketimbang Obat Kimia, Nyatanya Minum Ramuan Herbal Tak Selamanya Sehat Loh, ini PenjelasannyaWalau lembap dan ada dampak negatif minor lain, kamar mandi di dalam kamar tidur tetaplah menawarkan beberapa kemudahan.Misal, lahan bangunan akan menjadi efektif dan efisien karena tidak membutuhkan space tersendiri di luar ruangan.

Kemudian, kita yang terbiasa buang air tengah malam, tidak perlu jauh-jauh membuka pintu kamar tidur, melainkan hanya beranjak beberapa langkah.Lebih praktis, juga lebih privat, karena terletak di kamar sendiri.(*)Artikel ini pernah tayang di Nova.grid.id dengan judul Bolehkah Kamar Mandi Ada di Dalam Kamar Tidur? Ini Kata Ahlinya

Source : Nova

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest