Follow Us

Warga Kaget Warna Air Selokan di Gresik ini Tiba-Tiba Berubah Jadi Oranye, Setelah Ditelusuri Ternyata Hal ini yang Jadi Penyebabnya

None - Jumat, 31 Januari 2020 | 10:05
Air yang ada di selokan perumahan warga di Jalan Bali, Kecamatan Manyar, Gresik, yang berubah menjadi oranye, Kamis (30/1/2020) sore.
(KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH)

Air yang ada di selokan perumahan warga di Jalan Bali, Kecamatan Manyar, Gresik, yang berubah menjadi oranye, Kamis (30/1/2020) sore.

Gridhype.id - Warga sekitar jalan Bali, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur dikagetkan dengan berubahnya warna air selokan yang berada di daerah mereka.

Air selokan yang biasanya berwarna coklat, tiba-tiba berubah menjadi oranye pada Kamis (30/1/2020) sore.

Usai ditelusuri, perubahan warna air menjadi oranye tersebut ternyata berasal dari salah satu gudang milik PT Petrokopindo Cipta Selaras (PCS), yang berada tidak jauh dari lokasi.

Baca Juga: Punya Model yang 'Nyeleneh' dan Tak Biasa, Sederet Celana Jeans ini Justru Menjadi Tren Fashion, Berani Pakai?

"Biasanya warna cokelat, tapi ini warna oranye. Baru sekali ini saja. Sudah disemprot juga tak mempan," ujar salah seorang warga, Sukindar, di lokasi, Kamis sore.

Kejadian ini membuat jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Gresik dan pihak kepolisian kemudian melakukan penelusuran.

Hasilnya, cairan berwarna oranye itu berasal dari gudang yang berada di Kawasan Industri Gresik (KIG) I4-6 milik PT PCS.

Baca Juga: Tak Hanya Irish Bella, 3 Artis Cantik ini Ternyata Keturunan Belgia, Nama Asli Mereka Unik-Unik

Ada setidaknya tiga drum yang terguling, dengan cairan berwarna oranye tersebut tumpah ke selokan dan itu mengalir ke selokan perumahan warga yang ada di Jalan Bali, Kecamatan Manyar.

"Kami sudah mengambil sampel. Kami juga sudah minta pihak pabrik, agar ini tidak sampai mengalir ke laut.

Apakah itu dibendung atau apa, dan kemudian disedot kembali," ucap Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran DLH Pemkab Gresik, Bahtiar Gunawan.

Source : Kompas.com

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest