Follow Us

Jangan Lagi Disepelekan, Kesalahan Besar Pengemudi Mobil Matik ini Masih Sering Dilakukan Padahal Risikonya Bisa Fatal

None - Kamis, 31 Oktober 2019 | 09:15
Mobil Matik
RAC

Mobil Matik

Gridhype.id– Ditengah padatnya lalu lintas ibu kota, kini banyak orang yang mulai berlalih mengendarai mobil dengan transmisi otomatis atau mobil matik.

Hal ini tentu dipilih agar pengendara tak lagi repot untuk mengoper gigi di saat jalanan sedang padat.

Meski demikian masih ada beberapa kesalahan besar pengemudi mobil matik yang sering disepelekan.

Baca Juga: Orangtua Berpisah, Ternyata 4 Anak Selebriti ini Jarang Bertemu dengan Ibu Kandungnya

Salah satu yang paling disepelekan adalah membiarkan transmisi pada posisi D (drive) saat berhenti lama, tanpa disadari kondisi ini sangat berbahaya bila sering dilakukan.

"Yang paling sering terjadi saat berhenti lama, orang lebih suka membiarkan posisi tuas pada posisi D dan menahan pakai rem agar mobil tidak bergerak. Hal ini sangat salah, karena membuat transmisi bekerja ekstra di saat suplai udara terbatas, yang membuat kualitas pelumas juga cepat berkurang," ucap Arifani Perbowo, Logostic and Production General Manager Kia Mobil Indonesia (KMI) saat dihubungi Otomania, Rabu (20/1) dua tahun yang lalu.

Menurutnya, saat mobil berhenti tapi tuas dibiarkan pada posisi D maka hubungan antara mesin dan transmisi tetap berjalan meski sudah tertahan rem.

Baca Juga: Tak Hanya Asap Rokok, 4 Jenis Makanan ini Juga Jadi Penyebab Kanker Paru-Paru

Karena terhubung, transmisi pun akan terus bekerja pada torque converter, padahal saat mobil diam tidak banyak asupan udara segar yang membuat kondisi oli transmisi harus bekerja ekstra di suhu yang panas.

"Bukan hanya itu, kerugian lain juga membuat konsumis bahan bakar terus berjalan karena mesin dan transmisi masih terkoneksi, akibatnya timbul keborosan. Bahkan juga berpengaruh pada usia pakai kampas rem yang cepat habis karena harus menahan laju kendaraan," paparnya.

Oleh karena itu, biasakan memindahkan tuas transmisi ke posisi N saat mobil berhenti lama, baik saat lampu merah atau ketika menunggu dikemacetan.

Source : intisari online, Gridoto

Editor : Ngesti Sekar Dewi

Baca Lainnya

Latest